Cara Mengatasi Self-harm: Melukai Diri Sendiri Akibat Bucin dan Semacamnya

Ketika melihat seseorang yang ada di sosial media dengan postingan-postingan terbarunya yang seolah-olah berkesan sedang sedih karena patah hati. Adakah cara mengatasi Self-harm?

Bisa jadi orang itu akan melanjutkannya dengan melukai diri sendiri, nah disaat itulah seseorang bisa disebut sedang mengalami kondisi yang disebut Self-harm. Mungkin bisa jadi, saat ini kamu sedang mengalami?

Mengenal Apa itu Self-harm

Sumber Gambar

Tahukah kamu, Self-harm sendiri masih dianggap tabu untuk dibicarakan dan bahkan masih dianggap sebagai sebuah aksi untuk mencari perhatian.

Mereka yang tergolong seperti itu dianggap sebagai orang yang tidak tahu bersyukur akan hidup, untuk bisa lepas dari keadaan itu! seseorang yang menderitanya pasti kebingungan dan dilema.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Untuk Rutin Bangun Pagi ala Orang Jepang!

Apa itu Self-harm? Sebutan ini sendiri adalah sebuah istilah untuk seseorang yang menyakiti diri sendiri sebagai cara mengatasi, mengungkapkan dan cara untuk bertahan hidup dari keadaan yang menurutnya sedang sangat-sangat sulit.

Bagaimana Seseorang Ketika Menderita Self-harm?

Menyakiti diri yang dilakukan berupa tindakan menyakiti fisik secara langsung seperti menyayat, mencakar, memukul, mengigit, membenturkan kepala ke dinding, menarik rambut, menelan sesuatu yang berbahaya, atau sengaja membuat diri merasakan overdosis tertentu.

Gambar: Self-harm

Biasanya juga penderita Self-harm menyakiti diri dengan cara-cara halus seperti tidak memerhatikan kondisi fisik, tidak memedulikan kebutuhan emosional, atau menempatkan diri pada situasi yang berbahaya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Self-Harm

Mengapa seseorang bisa melakukan Self-harm? Kebanyakan orang yang mau menyakiti bahkan mencoba melakukan bunuh diri biasanya disebabkan oleh sebuah tujuan yang tidak disetujui secara sosial.

ARTIKEL TERKAIT
Ini Cara Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal, Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati!

Yang dimaksud adalah persoalan pribadi yang tak selesai dan terjadi sesuai keinginan. Misalnya akibat sebuah pengaruh di masa kecil, dimana anak kecil dulunya tidak dibolehkan untuk merasakan emosi negatif seperti sedih dan kecewa.

Tanpa disengaja, ajaran tersebut membuat seseorang menjadi tidak terbiasa untuk mengeluarkan emosi, sekali merasakan sedih dan emosi negatif! ia langsung memilih untuk menyakiti diri sendiri secara fisik.

Akibat Tersakiti oleh Lawan Jenis aKa Bucin

Gambar: Findhowtos

Bucin adalah sebuah singkatan dari kata Budak Cinta, dimana seorang bucin dapat berada pada kondisi Self-harm akibat mengalami rasa sakit karena dihianati oleh seseorang, biasanya adalah lawan jenis.

Cewek sangat rentan masuk ke kondisi Self-harm akibat dampak negatif dari bucin, karena cewek mempunyai perasaan yang memang sangat-sangat lembut dan rentan akan rasa sakit yang terus bergejolak.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Untuk Mengobati Pecandu Narkoba agar Sembuh Total!

Self-harm bisa diartikan sebagai seseorang yang menghukum diri sendiri bahkan berpotensi menyebabkan ia mengalami gangguan mental.

Untuk Pulih, Ini Cara Mengatasi Self-harm

Bagi kamu yang berhasil sembuh dan bisa terlepas dari keadaan tersebut, bersyukurlah. Ketika menemukan teman atau seseorang yang sedang terjebak Self-harm, bantulah ia! jangan biarkan begitu saja.

Baca juga: Cara mengatasi Depresi


Berhenti dan Jangan Berlarut Ketika Mengalami Depresi

Gambar: Sustain Recorvery

Self-harm adalah sebuah kondisi atau keadaan akibat dari tingkat lanjut yang disebabkan oleh depresi. Jadi, ketika seseorang sedang depresi! Self-harm dapat menjadi pilihan terbaik menurut penderitanya.

Berlarut-larut di keadaan depresi adalah salah satu hal yang dilakukan untuk membuat mental kamu semakin hancur, perasaan pasrah dan tak mau bangkit dari kenyataan dapat merusak diri dan masa depan. Cobalah ikuti beberapa cara untuk mengatasi depresi berikut:

ARTIKEL TERKAIT
Mau Putih Mulus? Ikuti 5 Cara Alami yang Ampuh Ini Untuk Menghilangkan Bulu Kaki!

  1. Psikoterapi

    Langkah ampuh dan Alternatif terbaik mengatasi depresi adalah dengan terapi psikologis ataupun disebut psikoterapi. Dengan datang ke terapis ahli, masalah-masalah yang membuat kamu depresi akan diselesaikan bersama melalui obrolan dan Interaksi yang dilakukan terapis untuk membantu kamu.

    Cobalah untuk ke psikolog dan psikiater. Selain itu, kosultasi obat apakah yang bisa menghilangkan gejala datangnya depresi. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

  2. Psikoterapi

    Istirahat yang cukup dapat membuat kamu terhindar dari depresi. Depresi sendiri sering muncul dengan ditandai oleh kesulitan tidur, kalau sudah beberapa kali! stop memaksa diri untuk tidur larut malam bahkan begadang, maka gejalanya bisa jadi lebih parah.

    Usahakanlah untuk bisa tidur lebih awal (minimal tidur delapan jam sehari), saat bangun di pagi hari! cobalah untuk melakukan meditasi dan berendam air hangat.

  3. Lawan dengan Olahraga

    Kalau ditanya apa aktivitas positif untuk melawan depresi, jawabannya adalah dengan rutin latihan fisik dan olahraga. Dengan melakukan kesibukan ini, maka mood kamu yang tadinya sudah mulai rusak akan kembali segar dengan rutin berolahraga. Kamu akan bahagia, tubuh pun ikut sehat.

  4. Rileksasi

    Cobalah mengatasi depresi dengan membuat perasaan dan tubuh menjadi serileks mungkin. Cobalah untuk berlibur atau pergi ke tempat tenang dan nyaman, misalnya pantai atau kawasan bukit.

  5. Berhenti Merokok

    Tahukah kamu, kandungan Nikotin yang terdapat pada rokok dapat memicu semakin besarnya gejala depresi, biasanya! disertai merokok seseorang bisa memiliki keingingan untuk minum-minuman seperti Alkohol yang semakin membahayakan si penderita gejala depresi.

    Baca juga: Hidup sehat dengan cara berhenti merokok berikut!

ARTIKEL TERKAIT
Ingin Terlihat Cerah dan Merona? Begini Cara Merawat Wajah yang Tepat

Depresi bisa saja dialami setiap orang, bahkan anak kecil sekalipun. Ada banyak faktor penyebab terjadinya hal tersebut, maka dari itu bagikan artikel ini kepada orang lain agar bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Semoga kamu bisa lepas dari depresi yang menganggu mental dan kejiwaan serta menyebabkan kamu melakukan hal-hal mengerikan untuk melukai diri atau yang disebut Self-harm. Cara mengatasi Self-harm.


Referensi: Pijarpsikologi