5 Cara Membedakan Sepatu Vans Ori dan Palsu, Hati-Hati Belanja Lebaran!

Cara membedakan sepatu Vans Ori dan Palsu wajib kamu ketahui, apalagi menjelang lebaran. Dimana orang akan berbondong-bondong memburu barang favorit yang diinginkan karena pasti akan dikenakan di lebaran.

Di pasaran, banyak penjual yang menjual merk Vans kawe atau barang palsu. Maka dari itu, kamu yang ingin membeli sepatu merk ini harus teliti dan berhati-hati di pasaran.

Sekilas terlihat sama dan yang palsu itu serupa dengan asli, tapi dengan tips berikut! Kamu bisa paham bagaimana mengetahuinya apakah barang yang sedang kamu pegang palsu, fake, atau memang barang ori.

Begini Cara Untuk Membedakan Sepatu Vans Ori dan Palsu

Begini Cara Untuk Membedakan Sepatu Vans Ori dan Palsu #DafundaTutorial

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengetahui keaslian dan kualitasnya adalah dengan memperhatikan jahitan, tulisan, kode Waffle juga beberapa poin yang sangat penting lainnya. Berikut caranya:

1. Perbedaan Jahitan

Sepatu merk Vans yang asli akan memiliki jahitan yang sangat rapi, dan terlihat bagus sampai-sampai tak terlihat cacat sama sekali. Ketika memegang sepatu merk dicari yang jahitannya aneh, tidak rapi bahkan terbuka! Bisa dipastikan itu barang cacat atau barang palsu.

2. Tulisan Vans dan Helpad

Tips berikutnya adalah dengan memperhatikan tulisan Vans dan Helpad di sepatu. Perhatikan tulisan Vans yang ada di insole sepatu, dan di belakang bawah sepatu. Di dalam insole sepatu yang ori, tulisan VANS huruf S berada di tumit kaki saat memakainya.

ARTIKEL TERKAIT
4 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Grogi, Ubah Rasa Cemas Menjadi Energi Positif!

Jadi tulisan merk yang ada di insole mengarah keluar. Kemudian tag Vans ada di belakang, talinya kuat dan tulisannya tidak tebal sekali. Jika kamu menemukan atau melihat yang seperti itu, berarti itu barang palsu.

3. Kode Waffle

Cara membedakan itu merk asli atau palsu lainnya adalah dengan memperhatikan kode Waffle. Setiap sepatu Vans pasti terdapat kode waffle yang berada di outsole sepatu.

Seperti Vans original Made in China memiliki beberapa kode waffle seperti IFC, HF, DT, SHC, ZDC, ICC. Karena Cina merupakan basis manufacture sepatu Vans terbesar, dan memiliki pabrik terbesar dengan mesin paling banyak.


ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Depresi yang Mudah Dilakukan Diri Sendiri Maupun Kepada Teman

Sedangkan Vietnam dengan kode EVB dan Indonesia dengan GSI, tidak sebesar Cina dan hanya memiliki mesin cetak waffle satu kode, dan itu gak membeda-bedakan kualitas.

Karena Vans memiliki standar operasi dan kerja yang sama. Tapi pelaku pembuat merk palsu juga sudah pintar. Kode waffle sudah banyak ditemukan di sepatu fake. Jika kamu menemukan kode waffle dari Indonesia, tapi di tag sepatu tertulis made in China, itu barang palsu.

4. Tag Box

Tips yang direkomendasikan dalam memastikan keaslian sepatu Vans yang akan kamu beli. Adalah dengan melihat tag yang ada di box sepatu, lalu ketik serinya di Google. Jika muncul, berarti jelas! Sepatu itu barang ori.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Ampuh Mengatasi Wajah Berminyak yang Nonjol Banget Kalo Berfoto!

5. Harga

Poin terpenting dan paling mencolok adalah pada harga. Harga sepatu Vans sekitar Rp 600 rb sampai Rp 1 jutaan. Tapi tergantung jenis serinya. Jika ada Vans yang dijual seharga Rp 300 ribu, apalagi Rp 100 ribu, itu jelas palsu.


Untuk terhindar dari penipuan atau terjebak pada pasar barang palsu, kamu disarankan untuk membeli barang tersebut, dalam hal ini sepatu merk ternama! Di Store Vans resmi terdekat. Semoga bermanfaat bro.


Referensi: IDNTimes