Puasa, Bau Mulut? Ini Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

Di bulan suci Ramadhan, berpuasa dapat membuat mulut cenderung kering karena tidak minum air dari pagi, siang higga sore. Hal tersebutlah yang menyebabkan bau mulut jadi tak sedap, lantas! Bagaimana cara mengatasi bau mulut saat puasa? Mari kita bahas sama-sama.

Menghilangkan Bau yang Tak Sedap

Aktivitas luar rumah dan pekerjaan pasti akan menuntut kamu untuk bertemu dan berbicara kepada banyak orang. Jika mulut dalam keadaan bau yang tak sedap, tentu akan membuat orang lain dan kamu sendiri tak nyaman. Dafunda punya Alternatif nih, agar kamu bisa pede.

ARTIKEL TERKAIT
10 Cara Mengobati Sakit Gigi paling Ampuh, Mengatasi Secara Alami!

1. Saat Sahur dan Berbuka

Gambar: Freepik.com

Untuk meminimalisir bau mulut yang tak sedap, minumlah air yang banyak saat waktu berbuka atau dinihari waktu sahur. Ini sangat penting, karena air putih selain menyehatkan juga sanggup untuk untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut manusia.

Produksi air liur yang lancar tentu membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari. Sampai sini paham tentang cara mengatasi bau mulut saat puasa yang dimulai dari hal paling simpel sebelum tiba waktu berpuasa.

2. Teh Hijau Pahit

Gambar: Doktersehat.com

Selain air putih, minuman lain yang berfungsi menolak bakteri penyebab bau mulut adalah dengan minum teh hijau pahit. Minuman pahit tersebut mengandung zat Polyphenol yang membantu pembersihan bakteri di area saluran nafas.

ARTIKEL TERKAIT
10 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang!

Sayangnya, teh hijau juga bisa mengurangi gangguan pernafasan bagi para perokok. Untuk yang ingin mulutnya tak berbau tak sedap, cobalah untuk konsumsi teh hijauh pahit dinihari waktu jam sahur.



3. Bersihkan Karang Gigi

Gambar: Futureloka.com

Cara ampuh lainnya untuk menanggulangi mulut yang berbau tak sedap, adalah dengan langsung berkonsultasi ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi atau gangguan mulut lainnya, paham kan?

4. Sikat Gigi

Gambar: Sehatmagz.com

Hal mudah yang tak jarang sering dilupakan adalah sikat gigi saat sebelum tidur atau selesai makan besar. Puasa! Bukan berarti kamu tak boleh sikat gigi. Semua tergantung niat, asal niat kamu bukan untuk menelan air kumur ya engga batalin puasa kok. Sikat gigi engga batalin puasa.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Merawat Kuku yang Baik, Agar Bersih dan Terus Terlihat Cantik!

5. Jangan Kebanyakan Tidur

Gambar: Dream.co.id

Puasa, bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan sepanjang hari apalagi tidur seharian. Aktivitas, yang juga patut dikatakan tidak beraktivitas tersebut berpotensi besar membuat mulut jadi berbau tak sedap ketika bangun. Apalagi kalau yang suka ngorok, parah.


Terlepas dari itu semua, kemauan dan melawan rasa malaslah adalah hal yang harus dimiliki agar setidaknya mau! Untuk mencoba hal-hal tadi sebagai tips atau cara-cara mengatasi bau mulut saat puasa.


Referensi: IDNTimes