Resep Ikan Teri Goreng Tepung, Simpel Tapi Tak Bikin Bosan!

Resep Ikan Teri Goreng Tepung salah satu lauk praktis dan sederhana yang bisa dihidangkan di meja makan untuk sendiri atau bersama para anak kesayangan. Selain itu, lauk ini juga cocok disantap bersama nasi merah.

Masakan sederhana dan simpel ini bisa kamu buat di rumah bersama anak-anak, sekaligus adalah sebagai langkah kecil untuk mengajari mereka tentang memasak. Siapa tahu, setelahnya sang anak menjadi koki hebat.

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 800 Gram ikan teri jengki segar yang agak besar, buang kepalanya
  • Dua sendok air jeruk nipis
  • 75 Gram tepung beras
  • 25 Gram tepung kanji
  • Sesendok garam
  • Setengah sendok merica bubuk
  • 100 Mili liter air
  • Minyak goreng
ARTIKEL TERKAIT
Resep Sayur Asem Jakarta yang Segar!

Cara Membuat Lauk dari Resep Ikan Teri Goreng Tepung

Time needed: 40 minutes.

 

Cuci Ikan Teri

Awali dengan mencuci ikan teri hingga bersih, lalu tiriskan. Bila terlalu basah, serap airnya dengan tisu dapur, berikutnya campurkan ikan teri dengan air jeruk nipis, aduk rata, dan sisihkan.

Campuran Kandungan

Selanjutnya, silahkan campur tepung beras, tepung kanji, garam, dan merica dalam mangkuk. Lalu tambahkan air dan aduk hingga tercampur rata dan licin. Disini adalah langkah yang harus diperhatikan betul.

Proses Masak

Langkah yang ketiga, panaskan minyak yang banyak dalam wajan. Masukkan ikan teri ke dalam adonan tepung secara bertahap. Jangan lupa untuk segera memasukkan ikan teri balut tepung satu per satu ke dalam minyak panas.

ARTIKEL TERKAIT
Resep Ayam Tangkap, Masakan Sedap Khas Aceh!

Penyajian

Sebagai tahap Finishing, gorenglah di atas api sedang, aduk sesekali agar tidak saling melekat. Setelah berwarna kecokelatan dan kering, angkat, dan langsung tiriskan. Mudah bukan?



Estimasi waktu yang dimaksud sekitar 40 menit tadi adalah perkiraan yang dibutuhkan untuk setidaknya membuat empat hingga lima ikan teri goreng tepung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba membuatnya di rumah.

Itulah resep ikan teri sederhana tapi mantap yang diambil dari buku Primarasa Favorit Keluarga 2014: Nasi Komplit. Jangan sungkan untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar ya.


Referensi: Primarasa