Resep Sederhana Bakso Daging Ikan, Cita Rasa Kuah yang Tidak Biasa!

Bakso adalah salah satu jenis makanan khas yang sangat populer di masyarakat Indonesia, aku yakin kamu juga pasti. Sekarang lagi cari resep bakso daging ikan? Kamu sedang berada pada tempat yang tepat.

Bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi atau udang atau ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, lalu biasanya dibentuk bulat-bulat. Ada banyak macam bakso, kita ulas bakso ikan.

Jangan Konsumsi Bakso Jenis Ini!

Makanan bakso sendiri biasanya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi! Sering kita jumpai pedagang kaki lima yang menjajakan bakso yang belum jelas apa kandungan yang ada di dalamnya.

Karena kuliner ini sangat banyak digemari dari berbagai kalangan, banyak para pedagang yang berlomba-lomba mendapatkan profit tinggi dengan berbagai cara, termasuk menjual bakso yang mengandung boraks.

Resep Bakso Daging Ikan Sederhana - Dafunda Media
Gambar: Viva

Ketahuilah, boraks adalah pengawet yang membuat bakso jadi lebih tahan lama tapi mempunyai bahaya tinggi bagi kesehatan.

Kenali jenis bakso berbahaya ini dengan memastikan dengan melakukan cek tekstur, biasanya! Bakso boraks mempunyai tekstur yang lebih kenyal bahkan kamu bisa melemparkan bakso tersebut dan melihatnya memantul-mantul tidak menempel di lantai. Makanan tersebut juga beraroma tidak seperti bakso alami.

Bakso Daging Sehat

Oke, kita lupakan pasal bakso boraks tadi. Lanjut ke makanan sehat yang menggunakan rempah-rempah alami yang sederhana yaitu resep bakso daging ikan. Ikuti cara-cara membuatnya yang benar ya, tidak sulit kok.

Bahan untuk Membuat:

  • Ikan tenggiri 1 kg, bersihkan duri dan kulit
  • Bawang putih 4 siung
  • Tepung sagu 3 sdm
  • Putih telur ayam 2 butir

Cara Membuat Resep Bakso Daging Ikan Sederhana

  1. Blender Campuran

    Masukkan ikan ke dalam blender dengan bawang putih, putih telur, gula, garam, merica, dan es batu secukupnya. Blender hingga benar-benar halus.

  2. Adonan

    Tuang adonan yang telah diblender ke dalam wadah lalu masukkan tepung sagu perlahan sambil diuleni sampai tercampur rata.

  3. Air

    Rebus air dalam panci sampai mendidih.

  4. Membentuk Bakso

    Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.

  5. Lanjut ke Air Panas

    Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas.

  6. Lanjut

    Lanjutkan hingga semua adonan habis.

  7. Finishing

    Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Angkat.

Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan rasa kuah yang enak dan mengguggah cita rasa tinggi, siapkan tulang sapi 200 g, air 3 L, bawang merah 5 siung dan bawang putih 3 siung, goreng dan haluskan, gula pasir 2 sdt, garam 2 sdm, merica 1 sdt, daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris.

Setelah siap semua, masaklah air hingga mendidih, masukan dan aduk semua bahan hingga rata, tunggu hingga mendidih dan siap untuk dijadikan kuah cita rasa pengguggah selera dari resep bakso daging ikan. Sederhana bukan?


Referensi: Liputan6 Lifestyle