Tak Mau Jadi Manusia Pohon? Ini Cara Menghilangkan Kutil Ampuh Secara Alami!

Selain kurap dan panu, salah satu penyakit kulit mengerikan lainnya adalah Kutil. Dimana, penyakit tersebut adalah keadaan dimana kulit kamu mengalami sebuah daging baru yang tumbuh dan berpotensi terus bertambah untuk menggerogoti kulit kamu. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutil?

Penyebab dan Bagaimana Bisa Ada Kutil

Dasarnya, kutil hinggap akibat penyebab utama yaitu HPV atau Human Papillomavirus yang mengandung 100 jenis bakteri. Kutil dapat menular dan tumbuh besar lebih cepat loh. Memang, penyakit kulit bernama kutil bisa menghilang sendiri tanpa harus diobati.

ARTIKEL TERKAIT
5 Perawatan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata!

Tapi! kalau kamu terus saja melakukan aktivitas yang dapat memicu kedatangan kutil yang lebih banyak, akan sulit untuk mengobatinya. Kalau tanpa pengobatan, perlu waktu lama untuk melihatnya sembuh.

Cara Menghilangkan Kutil, Pengobatan yang Tepat - Dafunda Tutorial
Gambar: Merdeka.com

Mulai dari seminggu hingga berbulan-bulan.bahan-bahan yang mengandung asam salisilat adalah salah satu bentuk obat yang cukup ampuh dalam menghancurkan lapisan atas kulit di tempat kutil berada.


Baca juga: Cara Mengobati Sariawan


Ini Cara Menghilangkan Kutil paling Ampuh!

Ada banyak metode untuk menghilangkan kutil, seperti menggunakan bahan alami sampai ke obat-obatan medis dari kedokteran. Dan inilah beberapa cara yang paling rekomended. Ikutilah dengan benar dan tahapan yang tepat.

1. Menggunakan Minyak dan Obat Ampuh

Cara Menghilangkan Kutil, Pengobatan yang Tepat - Dafunda Tutorial
Gambar: Dictio.id

Salah satu obat paling ampuh untuk menghilangkan kutil adalah Tea Tree Oil, yaitu antivirus dan antiseptik yang sangat baik untuk menyingkirkan kutil dan menghentikan infeksi, perkembangan jamur serta menghentikan pertumbuhan si kutil. Obat lainnya yang alami untuk dapat merontokan kutil adalah minyak atsiri oregano, minyak serai, dan minyak esensial thyme.

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Alami Untuk Mengobati Sakit Kepala

2. Menggunakan DIY Smoke Box

Cara Menghilangkan Kutil, Pengobatan yang Tepat - Dafunda Tutorial
Gambar: Instructables.com

Kutil dapat dihilangkan dengan pengobatan menggunakan obat China kuni smoke box, yaitu sebuah obat yang penuh dengan asap dari daun pohon euphratica Populus, sejenis pohon poplar yang telah dibakar.

Untuk membuat obat tersebut, Siapkan daun populus euphratica dan keringkan, bakarlah daun di luar ruangan, dan biarkan terbakar selama beberapa menit. Lalu Tutupi daun sehingga kekurangan oksigen akan memadamkan api.

Untuk penggunaan, silahkan mengasapi kulit yang berkutil dengan jarak sekitar 6 inci diatas daun tadi. Biarkanlah asap meresap ke kulit yang berkutil selama 15 menit. Silahkan dicoba cara menghilangkan kutil secara alami ampuh ini.

3. Menghilangkan Kutil dengan Vitamin C

Gambar: Id.iherb.com

Untuk mencegah membesarnya ukuran kutil lagi, cobalah untuk melakukan perawatan menggunakan vitamin C. Hancurkan tablet vitamin C menjadi bubuk dan tambahkan cukup air untuk membuat pasta, lalu oleskanlah ke kutil hingga menjadi basah. Asam dari vitamin C dapat menghancurkan kutil secara alami.

ARTIKEL TERKAIT
10 Cara Mengusir Lalat yang Mengganggu di Sekitar Rumah

4. Madu Manuka

Gambar: Hellosehat

Obat alami kutil lainnya adalah madu manuka yang biasanya dipanen di negara Selandia Baru. Dalam hal medis, obat ini mengandung antibakteri dan antivirus yang tinggi sehingga sangat disarankan dalam cara menghilangkan kutil.

Caranya cukup dengan satu sendok teh madu manuka mentah dan perban, lalu gunakan batu apung untuk mengekspos kutil dan kemudian tutupi secara menyeluruh dengan lapisan madu yang tebal.

Tempatkan perban di sekitarnya dan biarkan selama 24 jam, ganti perban dan aplikasikan kembali madu setiap hari sampai kutil hilang.


Ada beberapa metode menghilangkan kutil secara alami lainnya, misalnya dengan pisang dengan cara menggosokan kulit pisang atau dioleskan ke bagian dalam kulit yang berkutil. Tapi metode diatas tadi adalah yang paling rekomended. Sekarang, jadi tau kan apa saja obat-obat kutil yang paling manjur?

ARTIKEL TERKAIT
Kecelakaan? Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama Merawat Luka Lecet

Referensi: Doktersehat