Cara Merawat Telinga Agar Tetap Berfungsi dengan Baik

Kuping atau telinga adalah salah satu indra paling penting yang berperan sebagai sebuah indra pendengar manusia. Selain itu, akan sangat sulit untuk seseorang bisa menangkap atau mendengar sesuatu kalau fungsi telinga sudah mulai terganggu. Maka dari itu, perlunya seseorang untuk rutin mengikuti cara-cara merawat telinga yang baik.

Telinga Sebagai Indra Pendengar

Gambar: Merdeka.com

Telinga ini sendiri mempunyai banyak susunan yang memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Seperti daun telinga yang berfungsi untuk mengarahkan suara ke lubang telinga yang selanjutnya diteruskan ke bagian dalam telinga dan akhirnya menuju bagian otak.

Cara Merawat Telinga Supaya Terus Berfungsi dengan Baik

  1. Rutin Membersihkan Telinga dengan Air

    Jangan mengorek kotoran telinga menggunakan Cotton Bud, hal tersebut bukannya membersihkan telinga malah terus mengotori saja. Sesuai cara umat Islam, cobalah untuk membersihkan telinga dengan air bersama sebuah kain lembut.

  2. Mengunyah Makanan dengan Baik

    Mengunyah makanan dengan baik adalah salah satu cara merawat telinga dimana hal itu membantu dalam proses pengeluaran kotoran telinga. Untuk hal kecil yang bisa dilakukan terkait cara ini, cobalah mengunyah permen karet.

  3. Jangan Garuk

    Ketika sedang merasakan gatal yang mulai mengigit-gigit telinga, jangan pernah menggaruknya. Ketika sudah merasakan gatal terus menerus, cobalah untuk langsung obati dengan tahap konsultasi bersama dokter.

  4. Jangan Asal Menggunakan earphone dan headphone

    Alat pendengar seperti Earphone dan Headphone, adalah alat yang pasti digunakan berulang. Untuk menghindari yang namanya dihinggapi kuman dan bakteri, cobalah bijak ketika menggunakan alat tersebut.

    Jangan asal pakai kalau alat itu sudah digunakan orang lain, atau setidaknya! bersihkan terlebih dahulu ketika ingin memakainya.

  5. Rutin Mencuci Bantal dan Selimut

    Cobalah untuk rutin membersihkan selimut dan sprei bantal, karena ketika sudah digunakan berulang! maka bakteri atau kuman sudah pasti ada sedikit apapun itu.

Baca juga: Cara membersihkan kotoran pada Hidung Bayi


Untuk bisa terus merasakan fungsi indra pendengar yang baik, ikutilah cara-cara merawat telinga tadi dengan benar. Semoga bermanfaat.


Referensi: Doktersehat