Beginilah 5 Cara Paling Efektif Untuk Merawat Kesuburan Rambut!

Rambut adalah mahkota terindah yang memang merupakan bagian asli dari tubuh manusia. Tentu, semua orang menginginkan rambut yang lebat serta sehat dan subur. Sayangnya, cara merawat kesuburan rambut adalah salah satu hal yang terbilang cukup sulit.

Menjaga kesehatan rambut memerlukan perawatan rutin dan memperhatikan apa hal-hal diluar sana yang dapat merusak kandungan rambut. Semakin bertambahnya usia, kepadatan rambut semakin berkurang.

Langkah Efektif Untuk Mempertahankan Rambut Subur

Rambut sendiri adalah bagian tubuh manusia yang sudah tumbuh sejak kita masih berusia 22 minggu di dalam janin ibu kita. Selain faktor usia, hal lain yang dapat membuat kerontokan pada rambut adalah penggunaan sampo atau produk yang ternyata tak cocok dengan rambut kita.

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Diet yang Aman, Turunkan Berat Badan tanpa Bahaya Kesehatan!

Tak semua orang punya kecocokan yang sama dalam penggunaan produk penyubur rambut. Untuk mendapatkan rambut yang subur, kulit kepala harus sehat, karena hal itu akan membuat rambut tumbuh subur, lebat, berkilau, dan mudah diatur.


Penuhi Kebutuhan Protein

Gambar: Akurat ID

Cara menyuburkan rambut yang pertama adalah wajibnya kita untuk memenuhi kebutuhan protein rambut. Bagaimana caranya? Penuhilah kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung protein wajib untuk mendukung kesehatan rambut.

Diantaranya adalah pilihan sumber protein seperti daging rendah lemak, daging unggas, ikan, kacang, telur, dan produk susu rendah lemak.


Rambut Butuh Vitamin

Gambar: Grid ID

Selain protein yang sudah dijelaskan tadi, kamu juga wajib untuk memenuhi kebutuhan vitamin B dan D. Vitamin B kompleks sendiri berperan untuk mengatur metabolisme tubuh dan menjaga sistem saraf pusat, dan juga berperan bagi kesehatan rambut dan kulit kepala manusia.

ARTIKEL TERKAIT
6 Pengobatan Ampuh untuk Sariawan!

Pilihan asupan yang disarankan adalah biji-bijian, kembang kol, wortel, sayuran berdaun hijau gelap, hati sapi, unggas, telur, kedelai, alpukat, dan kacang-kacangan. Sedangkan vitamin D, berperan untuk mengembalikan folikel rambut yang tidak aktif.



Ikan salmon, jamur, biji-bijian, jus jeruk, dan susu rendah lemak adalah pilihan makanan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.


Kebutuhan Zinc

Gambar: Kompas.com

Mungkin kamu pernah mendengar istilah zinc, yaitu kebutuhan mineral yang diperlukan untuk kulit kepala dan rambut. Pilihan makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan zat ini ada seperti kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, serta air minum.


Omega-3

Untuk menjaga kesehatan folikel rambut dan merangsang kelenjar minyak, cara merawat kesuburan rambut berikutnya adalah dengan memenuhi asupan omega-3. Diantaranya ada dari ikan salmon, ikan sarden, dan yogurt.

ARTIKEL TERKAIT
Mau Putih Mulus? Ikuti 5 Cara Alami yang Ampuh Ini Untuk Menghilangkan Bulu Kaki!

Hindari Produk Berikut

Gambar: Woman Talk

Cara menyuburkan rambut berarti juga berlaku sebagai landasan agar kita menghindari hal-hal yang berlawanan, maksudnya adalah menghindari hal-hal yang dapat mendatangkan kerontokan atau membuat rambut rapuh seperti produk-produk berbahaya.

Ini benar-benar sangat penting, hindarilah penggunaan produk berbahan kimia apalagi yang kandungannya tak jelas. Karena jika sudah salah, yang ada rambut malah mengeriting dan rusak. Cobalah Pantene saja.


Bila perlu, konsumsilah suplemen yang mengandung zinc. Poin yang paling penting dalam bahasan ini adalah sumber vitamin dan asupan yang harus diperhatikan dalam pertumbuhan rambut. Semoga bermanfaat.


Referensi: Alodokter