5 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe, Efisien dan Alami Lagi!

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari-cari cara menghilangkan ketombe yang tepat agar nyaman dengan rambut panjangmu sekarang ini, Dafunda Cara punya solusinya. Karena, ketombe di kulit benar-benar menganggu.

Rasa gatal yang sering kumat apalagi ketika berada di tempat yang panas, pasti bikin kesal dan bahkan sering membuat tak nyaman lagi untuk melanjutkan aktivitas. Beberapa bahan alami berikut adalah solusinya.

Metode Alami Paling Ampuh Untuk Menghilangkan Ketombe

Yang akan kita bahas ini bukanlah sebuah tips sekali pakai, artinya solusi berikut adalah saran-saran perawatan yang wajib kamu lakukan secara rutin. Apalagi setiap selesai beraktivitas di luar rumah dan bangun tidur.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Hidung tersumbat Secara Alami!

Tea Tree Oil

Gambar: Vitacost.com

Tea tree oil adalah bahan alami yang cocok untuk mencegah ketombe betah terus ada di kulit kepala. Untuk menggunakannya mudah saja, siapkanlah tea tree oil secukupnya dalam sebuah mangkuk kecil.

Lalu celupkan kapas yang akan digunakan ke kulit kepala dengan cara menepuk-nepuk kecil kulit kepala menggunakan kapas tadi. Setelahnya, silahkan pijat-pijat kulit kepala agar kandungan tea tree oil tadi menyerap, sayangnya! Ini tak dianjurkan untuk kulit sensitif karena dapat menyebabkan iritasi.

Minyak Kelapa

Bahan alami berikutnya yang aman untuk kulit sebagai cara menghilang ketombe adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Siapkanlah dua sendok minyak kelapa lalu usapkan minyak ke akar hingga ujung rambut, pijat-pijat kurang lebih selama 5 menit lalu tutup kepala menggunakan shower cap. Biarkanlah semalaman lalu setelahnya keramas rambutmu.

ARTIKEL TERKAIT
Perawan, Begini Cara Merawat Organ Intim Wanita yang Tepat!


Lidah Buaya

Gambar: Shutterstock

Lidah buaya memang serba guna, salah satunya bermanfaat untuk mencegah ketombe betah di kepala kita. Mudah saja untuk menggunakannya, kupas kulit lidah buaya lalu oleskan gel ke rambut serta bagian kulit kepala.

Pijat pelan dan diamkan selama kurang lebih 45 menit lalu setelahnya bilas dengan air dan jangan menggunakan sampo. Cara menghilangkan ketombe.

Cuka Apel

Gambar: Rescuedsites

Menggunakan cuka apel untuk perawatan rambut dari ketombe mudah saja, tambahkan beberapa sendok makan cuka ke sampomu dan gunakan untuk keramas. Kedua, campurkan dengan essential oil yang kamu miliki dalam botol semprot untuk disemprotkan ke rambutmu.

ARTIKEL TERKAIT
Ini dia 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Petai di Mulut

Aspirin

Gambar: Rush.edu

Tahukah kamu, Aspirin selama ini banyak dikenal hanya untuk obat sakit kepala. Padahal kandungan asam salisilatnya adalah musuh ampuh untuk menaklukan ketombe.

Cara menggunakannya adalah dengan menjadikan Aspirin bubuk untuk dicampur dengan sampo dan gunakan untuk keramas.


Beberapa tips dengan menggunakan bahan alami tadi adalah cara-cara minim resiko yang berguna menghambat pertumbuhan jamur termasuk ketombe. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Referensi: IDNTimes