Perawatan Diri

6 Pengobatan Ampuh untuk Sariawan!

Stomatitis atau yang yang disebut juga Sariawan adalah sebuah kondisi dimana mulut mengalami peradangan, yang paling menganggu itu adalah di bagian bibir. Cara mengobati sariawan perlu dilakukan dengan tepat karena gangguan tersebut menghambat aktivitas seseorang untuk makan, berbicara dan bahkan membuat sulit tidur. Bagaimana pengobatan yang tepat? Ikuti 6 cara berikut.

Area yang Sering Terkena Sariawan

Gambar: Media Indonesia

Selain bibir, area mulut yang sering mengalami sariawan adalah pipi, gusi, lidah, dan langit-langit mulut. Gangguan ini sering terjadi pada orang dewasa, biasanya disebabkan oleh bakteri dan serangan virus yang menyerang sistem imun.


Baca juga: Cara Melembapkan Bibir

Cara Mengobati Sariawan

Kortikosteroid

Cara menyembuhkan sariawan dapat dilakukan dengan obat anti-inflamasi seperti kortikosteroid (termasuk prednisone), ini adalah cara yang cukup ampuh. Ketahuilah! umumnya seseorang yang mengalami sariawan disebabkan oleh kekurangan folat atau vitamin B12.

Obat Kumur Antimikroba

Untuk membunuh virus dan bakteri yang hinggap dan mendatangkan sariawan, gunakanlah obat kumur ampuh seperti Chlorhexidine Glukonat sehari dua kali selama masih mengalami sariawan.

Kumur Garam

Untuk meredakan peradangan yang begitu menganggu, cobalah untuk berkumur-kumur dengan air garam. Ini adalah penyembuhan sariawan secara alami yang rekomended banget.

Gunakan Sikat Gigi yang Lembut

Jagalah kebersihan mulut dan berhati-hati saat menyikat gigi agar tidak merusak sariawan. Gunakan sikat gigi yang lembut dapat membantu menghindari sariawan yang menjengkelkan.Menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menjaga gigi dan gusi tetap bersih dapat mencegah benjolan putih dari terinfeksi.

Asupan Suplemen yang Tepat

Dalam proses penyembuhan dan upaya yang tepat dilakukan adalah dengan banyak minum suplemen vitamin B-12. Hal ini dilakukan untuk dapat membantu mengurangi jumlah rasa sakit dari sariawan dan jumlah benjolan putih di mulut yang dialami dalam sebulan.

Madu

Cara mengobati sariawan dengan metode alami lainnya adalah dengan madu. Dimana kamu dapat melakukan penyembuhan dengan merendam kantong teh chamomile dalam air hangat dan langsung dioleskan ke area sariawan.

Ketika sudah mengetahui potensi sariawan dengan beberapa gejala yang datang seperti tenggorokan yang terasa serak atau sudah ada rasa nyeri di area mulut, lakukan pencegahan. Mencegah sariawan lebih baik dari mengobati. Semoga bermanfaat.


Referensi: Doktersehat

Artikel ini terakhir kali diubah pada 7 Agustus 2021 1:12 pm

Bagikan