Cara Mudah Mencegah Sakit Leher Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Cari cara mencegah sakit leher – Selain sakit pinggang, masalah lainnya yang sering membuat tulang merasa kaku adalah sakit pada bagian leher. Penyebab biasanya adalah karena terlalu lama atau bahkan seharian selalu di depan komputer, entah saat mengerjakan tugas sekolah atau bekerja.

Bahaya Sakit Leher Belakang

Gambar: Bacaterus

Ketika sudah terlalu lama duduk di depan komputer, maka bagian badan dan leher akan terasa kaku, pegal, hingga akhirnya menjadi penyakit.

Para ahli mengatakan, kalau gangguan semacam itu akan berakhir menjadi penyakit kepala. Lantas, adakah cara mencegah dan mengatasi sakit leher?

Cara Mencegah Sakit Leher

  1. Buat Lurus Posisi Kepala

    Ketika sedang menjalankan pekerjaan di depan komputer, posisi leher yang menekuk atau condong ke bawah adalah penyebab datangnya sakit leher.

    Posisi komputer atau laptop yang hanya bisa dilihat di bawah, akan membuat kamu cenderung menekukan kepala dan disertai oleh leher.

    Maka dari itu, agar tak terjadi hal serupa! cobalah untuk menggunakan bantalan tambahan untuk membuat posisi laptop atau komputer bisa dilihat ketika posisi kepala kamu lurus.

  2. Bekerja dengan Posisi Rileks

    Setelah mengikuti langkah tadi, dimana kamu sudah menyesuaikan posisi layar dengan mata. Berikutnya kamu juga harus menemukan posisi duduk yang enak dan nyaman bagi tubuh kamu sendiri.

    Carilah posisi paling sesuai dengan tubuh, mungkin dengan memposisikan siku dan tangan bertumpu pada meja. Buatlah posisi kaki menyentuh lantai.

  3. Gerakan Tubuh

    Selain posisi duduk, gerakan tubuh yang salah juga membuat datangnya sakit leher. Misalnya ketika mengambil atau mengangkat benda berat, saat bekerja di kantor mungkin mengangkat dokumen adalah hal yang akan sering kamu lakukan.

    Untuk meminimalisir dan mencegah datangnya sakit leher ketika kembali duduk, cobalah untuk benar-benar menggunakan kedua tangan ketika mengangkat dokumen atau barang lainnya.

    Pastikan kamu menggunakan lutut sebagai tumpuan ketika hendak bangun, bukan dengan punggung.

  4. Istirahat dan Peregangan

    Ketika memang harus menjalani jadwal bekerja seharian, bukan berarti kamu tak harus melakukan aktivitas lain. Untuk mencegah sakit leher, cobalah setidaknya untuk bangun, berjalan-jalan dan merenggangkan tubuh minimal 30 menit sekali.

    Jika tubuh dan leher kaku, berbagai potensi penyakit bisa menyerang dengan mudah. Kamu juga bisa melakukan perenggangan dengan menarik tangan keatas, juga menarik kepala ke kiri dan kanan.

  5. Konsumsi Air Putih yang Cukup

    Ketika sedang menjalani agenda bekerja seharian, kebanyakan orang pasti menyiapkan cemilan dan makanan dari luar. Jangan hanya minum setelah makan! cobalah untuk rutin minum air putih, setidaknya 2 jam sekali (delapan gelas sehari). Tujuannya tak lain adalah agar membuat bantalan leher tetap lentur dan kuat.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Merawat Telinga Agar Tetap Berfungsi dengan Baik

Baca juga: Cara mengatasi sakit pinggang


Jangan malas memperhatikan hal-hal tadi untuk mengatasi sakit leher, lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat dan semangat berkerja. Kalau ada masukan terkait cara mencegah sakit leher ini, tulislah di kolom komentar.


Referensi: Hellosehat