Ampuh, Begini Cara Menambah Berat Badan Meskipun Kamu Malas Makan!

Meskipun banyak orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan berlebih, di sisi lain juga ada sebagian orang lainnya yang malah ingin menaikan berat badan. Malas makan tapi ingin gemuk? Kita akan masuk ke pembahasan cara menambah berat badan meskipun kamu malas makan.

Mengapa Menaikan Berat Badan?

Gambar: Merahmuda

Dintegah orang-orang yang mati-matian berusaha diet menurunkan berat badan. Orang-orang yang ingin menaikan berat badan malah malas untuk mengkonsumsi makanan, kalau seperti ini kamu sama aja dengan diet.

ARTIKEL TERKAIT
Penyebab dan Cara Mengatasinya Selangkangan Hitam

Tapi, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk tetap menaikan berat badan sekalipun malas untuk makan banyak.

Cara Menambah Berat Badan

Dibanding dengan diet, beberapa tips yang akan dibahas untuk menaikan berat badan berikut adalah bagian penting yang harus diperhatikan ketika memilih jenis makanan. Apa saja?

1. Makan Sedikit tapi Sering

Gambar: Semedan

Biasanya, orang yang tidak suka makan banyak tergolong sulit untuk mengikuti aturan makan tiga kali sehari. Sebagai Alternatif, kamu bisa menerapkan konsumsi makanan dengan porsi lebih kecil dari normalnya.

Hanya saja, jangan lupa untuk makan lagi dengan porsi yang sama setelah dua atau tiga jam kemudian. Lakukan seperti itu, maka kamu telah mencoba upaya menaikan berat badan dengan benar setiap hari.

ARTIKEL TERKAIT
Habis Makan Pedas Sakit Perut? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Karena tubuh tetap akan menyerap nutrisi maksimal, tentunya juga kandungan karbohidrat, vitamin, dan protein. Makan tak terburu-buru tapi teratur, bagi yang malas makan banyak dalam satu waktu! ini bagus diterapkan pokoknya.

2. Perbanyak Karbohidrat dan Protein

Gambar: Pedoman Bengkulu

Menaikan atau menambah berat badan, bukan hanya bisa dilakukan dengan selalu makan banyak. Bagi yang malas makan, tips ampuh untuk kalian adalah dengan memilih jenis makanan dan nutrisi yang tepat.

Misalnya beragam makanan yang mengandung protein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan atau susu. Untuk mendongkrak agar lebih nikmat dan mudah, cobalah untuk mengkonsumsi suplemen penyubur yang mengandung whey protein.

Agar lebih mantap, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi, maka semua cara menambah berat badan yang kamu cari akan segera terjawab.

ARTIKEL TERKAIT
5 Perawatan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata!

3. Tambahkan Rempah Rempah Bersama Makanan Sebagai Cara Menaikan Berat Badan

Gambar: Dokter ID

Seseorang pasti pernah kehilangan nafsu makan, dan setelahnya! akan datang gejala-gejala penyakit yang menimbulkan efek tak baik bagi tubuh. Ketika hilang nafsu makan, maka seseorang juga akan lebih jarang untuk makan yang akhirnya menyebabkan berat badan malah turun.

Sebagai solusi terbaik untuk mengembalikan nafsu makan, cobalah untuk menambahkan saus atau rempah-rempah ke dalam masakan. Misalnya saja bawang putih, kunyit, jahe, kayu manis dan semacamnya sebagai bumbu penyedap yang bisa mengembalikan nafsu makanmu.

4. Ngemil, Tapi yang Gizinya Padat!

Gambar: Tirto ID

Memilih cemilan yang padat gizi adalah upaya terbaik untuk menambah berat badan secara sadar maupun tak sadar, bagaimana maksudnya? Begini, kebiasaan ngemil bisa menjadi solusi yang mudah dan paling efektif untuk menaikan berat badan.

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Alami Untuk Mengobati Sakit Kepala

Hanya saja, kamu harus memilih jenis cemilan yang mengandung padat energi serta protein, agar jumlah kalori di tubuh cepat bertambah. Misalnya cemilan jenis kacang-kacangan, buah potong, roti panggang, ataupun salad.

Cemilan padat lainnya bisa pisang, alpukat dan jeruk. Dengan melakukan upaya menaikan berat badan terakhir ini, berarti kamu telah mendapatkan asupan nutrisi secara maksimal. Perlahan tak apa, tapi yang penting pasti.


Baca juga: Cara diet yang aman


Dari semua tips sebagai cara menaikan berat badan tadi, cobalah untuk melakukannya dengan benar. Semoga bermanfaat dan tercapai apa yang kamu harapkan, tentunya dengan usaha sebagai hal yang paling penting.


Referensi: Hellosehat