5 Cara Terampuh Untuk Merawat Kesehatan Mata Secara Alami!

Sebagai salah satu indra terpenting, cara merawat kesehatan mata sangat diperlukan agar penglihatan terus terjaga dan berfungsi dengan baik. Kita seringkali melupakan kesehatan mata, misalnya mata berdebu yang akan fatal bila terus dibiarkan. Tanpa mata, kita buta akan seperti apa dunia ini.

Pastikan mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik seiring bertambahnya usia dengan mengikuti tips-tips berikut. Tak sulit kok, asal rutin dan punya keinginan untuk terus membuat mata bisa melihat sampai kapanpun.

Merawat Mata Secara Alami

Gambar: Shutterstock

Tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk merawat kesehatan mata. Cukup dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang biasa ditemukan di dapur pun cukup. Apa saja? Simak caranya berikut ini.

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Meminimalisir Efek Dari Konsumsi Makanan dan Obat Kimia Secara Alami!

Manfaatkan Mentimum

Mentimun ternyata dapat memberikan efek terhadap mata agar kembali segar saat mentimun kita letakan ke mata. Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur.

Cobalah cara ini rutin di malam hari sebelum tidur. Karena ternyata, mentimun dapat mencegah terjadinya bengkak. Merawat mata.


Sayuran Hijau dan Buah-Buahan

Konsumsi buah-buahan dan sayuran dapat menjaga kinerja mata bahkan membuatnya terus fresh karena mendapatkan asupan. Misalnya seperti manfaat Wortel sarat mengandung beta karoten yang sangat membantu menjaga kesehatan mata. Beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

ARTIKEL TERKAIT
5 Perawatan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata!

Siapkan Kacamata Hitam

Saat beraktivitas di luar, sinar matahari merupakan hal yang dapat mengancam kesehatan mata. Gunakanlah kacamata hitam pelindung UV, bukan hanya sekedar yang gelap tapi kacamata khusus anti sinar UV.


Relaksasi Mata

Berikutnya cobalah untuk melatih mata dan membuat bersantai, caranya dengan memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat denganmu, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangilah proses ini beberapa kali, lalu setelah itu duduklah.

Tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tanganmu. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata selama 10 detik. Buka mata dan ulangilah seperlunya.


ARTIKEL TERKAIT
Kecelakaan? Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama Merawat Luka Lecet

Kurangi Penggunaan Tetes Mata

Obat tetes mata memang membantu mencegah adanya debu yang bersarang di area kelopak mata, sayangnya kamu harus tau ketentuan untuk menggunakan obat tersebut. Jangan berlebihan, karena akan merusak kesehatan mata. Serikali juga orang tidak mengetahui ini.


Itulah tadi beberapa cara merawat kesehatan mata yang bisa kamu lakukan di rumah secara alami. Jagalah jendela dunia pemberian Tuhan.


Referensi: Merdeka.com