6 Cara Terampuh Untuk Menghilangkan Komedo Secara Alami!

Foto: Byanca Kinan

Komedo adalah masalah yang sangat merusak mood selain jerawat. Masalah pada kulit wajah ini menganggu penampilan dan sering membuat kepercayaan diri menurun. Cara menghilangkan komedo secara alami.

Masalah ini disebabkan oleh sel kulit mati yang menyumbat wajah akibat minyak berlebih dan ketahuilah, komedo adalah jenis jerawat ringan. Maka dari, berikut adalah tips-tips alami untuk mengatasi masalah tersebut.

6 Metode Alami Ampuh Untuk Menghilangkan Komedo

Ketahuilah, komedo sendiri ada dua jenis yang paling populer yaitu komedo terbuka atau Blackhead yang berwarna hitam atau coklat dan komedo tertutup atau Whitehead berwarna putih. Tapi bahan-bahan alami yang bahkan sering kamu temukan di dapur berikut bisa jadi solusinya.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Alami yang Ampuh Untuk Mencegah Rambut Rontok

Olesan Tomat

Tomat adalah bahan dapur yang mengandung likopen bersifat anti-oksidan dan ternyata bermanfaat untuk mencegah serta menghilangkan komedo karena dapat menangkal radikal bebas.

Fungsi paling terkhasiatnya adalah berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pada pori-pori. Masker wajah tak perlu yang mahal-mahal untuk mengatasi komedo, masker tomat pun bisa.

Caranya adalah dengan membilas tomat sampai bersih dan tumbuh halus atau bila perlu blender. Lalu oleskan rata pada bagian wajah berkomedo, diamkan kurang lebih selama setengah jam atau 30 menit sampai masker mengering. Terakhir, bilaslah dengan air dingin.

Masker Lidah Buaya

Gambar: Lidah Buaya

Berulang kali dikatakan, lidah buaya memang punya banyak manfaat termasuk untuk urusan komedo. Bahan alami yang populer satu ini sangat cocok untuk keperluan perawatan kulit.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe, Efisien dan Alami Lagi!

Gunakan lidah buaya dengan mengoleskan gel atau dagingnya secara merata ke seluruh bagian wajah. Pijatlah area itu agar membantu pengangkatan komedo, diamkan 20 sampai 30 menit dan terakhir bilaslah dengan air bersih. Cara menghilangkan komedo secara alami terampuh.

Putih Telur

Ternyata, telur yang renyah bila digoreng ini punya manfaat untuk kesehatan kulit selain menjadi lauk dan makanan. Protein yang ada di dalam putih telur bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah yang terbuka. Tapi, kamu hanya menggunakan putih telurnya saja.

Silahkan pisahkan satu atau dua butir putih telur dari kuningannya, kocok dengan garpu agar tak terlalu kental. Kemudian oles rata ke bagian wajah selama 15 menit lalu bilaslah dengan air bersih.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Ampuh Mengatasi Wajah Berminyak yang Nonjol Banget Kalo Berfoto!


Lemon

Oleskan perasan lemon ke bagian wajah selama 15 menit dan bilaslah dengan air bersih, bahan alami ini mengandung asam alfa hidroksi yang dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab komedo.

Air Hangat

Alternatif paling mudah untuk membunuh komedo adalah air hangat. Cukup jerang air sampai menjadi air hangat kuku. Tapi kami wajib menggunakan plester komedo sebelum memanaskan wajah dengan uap air yang sudah panas tadi.

Dengan cara ini, ori-pori yang terbuka komedo akan mudah terlepas dan jerawat pada wajah. Kalau engga punya madu, telur dan bahan alami lainnya, ya kamu bisa coba ini cara yang paling mudah.

ARTIKEL TERKAIT
Puasa, Bau Mulut? Ini Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

Madu

Terakhir, ada bahan rekomendasi yaitu madu. Tahukah kamu, madu dapat membunuh sel-sel kulit mati dan komedo yang berkeliaran dengan mudah dengan kandungan alaminya. Cara mengatasi komedo.

Madu dapat menjadi anti-oksidan, anti-bakteri, dan antiseptik. Cara menggunakannya cukup mudah saja, tinggal oleskan madu murni merata ke permukaan muka selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.


Tips-tips tadi wajib dilakukan secara rutin agar komedo tak kembali lagi. Dari pada melakukan perawatan mahal-mahal atau yang berisiko dengan suntikan-suntikan berbahan ilmiah, mending cara-cara tadi aja, efisien.


Referensi: IDNTimes