Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Lakukan Agar Tak Termakan Hoax, Millennial Wajib Tau!

Hoax atau sesuatu hal yang tak sesuai kenyataan tentu berpotensi menjadi masalah besar, terutama berita hoax. Tahun 2018 menjadi ladangnya berita hoax ramai bermuculan. Bahkan sekarang pun masih sering. Bagaimana cara agar tak terkena hoax, atau cara mencegah hoax?

Mencegah dan Mengetahui Apa itu Berita Hoax

Sosial media adalah alat yang selalu menjadi andalan penyebar berita hohong atau hoax untuk melancarkan tersebar luasnya konten dan berita palsu. Sebagai pengguna internet, berikut beberapa hal yang kamu pahami dan perhatikan agar tak termakan yang namanya hoax.

ARTIKEL TERKAIT
Belum Lupa? Ini 6 Cara Jitu Untuk Move On dari Mantan

Jangan Jadi Tukang Share Brutal

Tak jarang, banyak orang memanfaatkan ide berita bohong untuk kepetingan komersil sendiri, termasuk membuat berita hoax. Konten apapun, dalam bentuk apapun.

jika belum pasti kebenarannya dan hanya ada satu sumber saja, jangan langsung disebarkan apalagi ditambahi dengan bumbu-bumbu yang membuatnya menjadi lebih panas lagi.

Banyak loh, kasus ditangkap dan dilaporkan akibat hanya menyebarkan berita dari orang atau media lain yang padahal, bukan kamu yang membuatnya. Kembangkanlah rasa penasaranmu setiap saat.


Kenali Clickbait

Gambar: Solusik.com

Cara agar tak terkena hoax dan cara mencegah hoax berikutnya adalah dengan memahami Clickbait agar tak menyebar luaskan apa yang belum pasti kebenarannya. Selalu berhati-hatilah dengan judul yang provokatif.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menghadapi Anak yang Mempunyai Teman Khayalan

Banyak konten-konten yang menggunakan judul provokatif yang kadang, sangat tak sesuai dengan isi penyampaian. Ada baiknya kamu untuk lebih cek koran atau cek di media-media terpercaya seperti Liputan6 dan CNN.

Dengan modal gratisan, banyak yang membuat konten hoax sengaja untuk memancing emosi dan kemarahan agar banyak yang membagikannya. Kreator hoax pun mendapatkan keuntungan komersil yang besar.


Kenali Laman

Sebelum menaruh kepercayaan terhadap konten atau berita yang barusan kamu baca, coba cari tau terlebih dahulu apakah situs yang kamu lihat itu asli atau bukan. Perhatikan tautan dan domainnya, apakah berupa sebuah blog atau situs media berita asli dan terpercaya.


ARTIKEL TERKAIT
4 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Grogi, Ubah Rasa Cemas Menjadi Energi Positif!

Ada saja orang tak bertanggung jawab yang membuat situs yang penuh dengan berita-berita bohong, tujuannya seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya tadi. Jangan sampai terkecoh, banyak juga situs yang meniru domain dari media asli dan terpercaya dengan sengaja.


Awas Foto!

Poin berikutnya, adalah selain berhati-hati dengan judul dan isi dari konten seperti artikel, kamu juga wajib mengetahui sumber foto. Karena foto di internet serieng dimanipulasi, diedit atau mengambil dari sumber berita yang tak sesuai dengan artikel yang baru saja kamu temui.

Tujuannya adalah untuk memprovokasi. Jadi paham kan, bagaimana cara mencegah hoax dengan memastikan keaslian dan sumber visual dari konten?

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Membersihkan Noda dan Casing di HP Serta Smartphone!

Masuk Forum dan Adukan Hoax ke Kemkominfo

hal yang sangat direkomendasikan berikutnya adalah ikut serta dalam grup-grup dan forum diskusi anti hoax di sosial media. Berbagi berita dan fakta dengan orang lain, jika sudah dipastikan kamu baru saja menemukan hoax, laporkanlah kepada Kemkominfo.

Kamu bisa memberikan laporan ke [email protected]. Jadi generasi yang mencintai nusa dan bangsa dengan ikut memerangi hoax.


Hal terpenting yang wajib kamu lakukan lainnya adalah memastikan sumber berita, cobalah untuk menelusuri berita berdasarkan data dari polisi atau KPK, juga membandingkannya dari siaran pers langsung atau dari media berita. Pahamilah mana berita faktual dan opini.


Referensi: IDNTimes