Kesehatan

10 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang!

Cara menjaga kesehatan Tulang adalah hal penting yang bisa dilaukan untuk menjaga kekuatan dan membuat stabil fungsi tulang itu sendiri bagi tubuh. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tulang?

Merawat Tulang Secara Alami

Tubuh manusia bisa melakukan gerakan dan aktivitas adalah karena hasil kerjasama antara otot dan tulang, yaitu bagian penting yang menempel dengan daging juga otot kita manusia.

Menjaga dan merawat kesehatan tulang, penting dilakukan agar tak terjadi penyakit dan bermacam gejala yang menyebabkan kelainan pada tulang.

Beberapa kelainan dan kerusakan tulang antara lain seperti tulang keropos, Osteoporosis, patah tulang, kanker tulang, retaknya tulang, pegal-pegal serta keseleo. Lantas, bagaimana cara menjaga tulang yang baik?

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Rutin Duduk dengan Posisi Baik dan Benar

Duduk adalah sebuah hal yang biasa dilakukan ketika sedang bersantai atau menunggu sesuatu, ketika akan melakukan hal tersebut! perhatikan posisi duduk yang benar terlebih dahulu.Berbagai kelainan tulang seperti pegal-pegal biasa didatangkan akibat kesalahan dari posisi duduk. Cobalah duduk dengan posisi yang benar seperti kaki yang menapak ke lantai, cari posisi duduk yang tegak dan rileks bagi tubuh.Serta ada baiknya untuk menggunakan kursi yang memiliki sandaran penuh hingga ke bagian kepala. Seperti kursi Gaming misalnya.

Gunakan Kasur yang Nyaman Saat Tidur

Cara menjaga kesehatan tulang berikutnya bisa dilakukan dengan mencari bantal dan kasur yang enak dan nyaman untuk tubuh saat beristirahat. Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan rasa pegla dan mengakibatkan nyeri berkepanjangan.Jangan malas untuk memperhatikan kondisi kasur, bila perlu ganti kasur dengan yang membuat tubuh nyaman. Karena penting untuk kesehatan tulang serta tubuh kamu sendiri.

Jangan Terlalu Lama Diam dan Posisi Semu

Posisi semu dimana posisi tubuh selalu berada dalam keadaan seperti itu-itu saja, dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan tulang.Lakukan cara menjaga kesehatan tulang dengan banyak melakukan gerakan-gerakan ringan ketika kamu sedang berada kondisi bekerja yang mengharuskan kamu selalu berada pada posisi yang sama terus.

Latihan Mudah di Rumah

Merawat tulang mudah juga bisa kamu lakukan di rumah dengan sederhana, misalnya saja dengan sering berjalan kaki dan menaiki tangga. Juga dengan Pull Up di pintu atau batang pohon.Olahraga ringan itu sangat mudah loh untuk dilakukan, bikin saja jadwal seperti kamu sendiri harus bisa berjalan kaki setiap hari setidaknya satu sampai dua kilometer dan menaiki anak tangga minimal 5-6 kali saja.

Jatuh dengan Cara yang Benar

Pahamilah cara jatuh yang benar, hal itu penting dalam menjaga tulang dan menjauhkannya dari resiko patah atau retak.Kedengarannya memang agak aneh ya, tapi ketika seseorang terjatuh dalam keadaan dan posisi yang salah, maka bisa menyebabkan akibat yang sangat fatal. Cobalah untuk berada dalam posisi meringkuk, atau jatuh menyamping.

Baca juga:


6. Pilih Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium adalah salah satu Nutrisi yang sangat diperlukan untuk membantu tulang terus bertahan dengan baik. Kalsium dapat mencegah tulang keropos dan terus merperkokohnya. Makanan berkalsium tinggi misalnya:

  • Susu
  • Keju
  • Yoghurt
  • Sayur-sayuran
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Produk hasil ikan
  • Tahu
  • Tempe
  • Susu kedelai
  • Crackers (Malkist)

7. Suplemen Untuk Kesehatan Tulang

Selain kalsium, tulang juga memerlukan asupan suplemen yang sudah dirancang dengan kandungan-kandungan yang berguna untuk pertumbuhan tulang. Cara menjaga kesehatan tulang dengan baik.

8. Pengaman Ketika Berolahraga

Menjaga tulang selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan pengaman saat melakukan olahraga. Apapun olahraga yang akan kamu lakukan atau digeluti seperti sepakbola dan tinju, gunakan pengaman yang sudah disediakan dengan benar.

9. Jangan Terlalu Sering Membawa atau Mengangkat Barang yang Terlalu Berat

Membawa barang berat terlalu sering hanya dengan menggunakan tangan kosong berpengaruh besar terhadap kesehatan tulang, apalagi barang tersebut sudah cukup melampaui batas kemampuan otot kamu.

10. Jangan Terlalu Sering Membungkuk

Selain terlalu sering membawa barang yang terlalu berat, penyebab gangguan tulang lainnya adalah terlalu sering berada dalam posisi membungkuk. Carilah bantal atau kursi yang empuk dan bisa membuat kamu rileks ketika duduk.


Itulah berbagai cara mencegah kelainan atau setidaknya adalah Alternatif terbaik sebagai cara menjaga kesehatan tulang yang benar dan paling disarankan. Semoga bermanfaat, dan jangan remehkan penyakit tulang.


Referensi: Halosehat

Artikel ini terakhir kali diubah pada 7 Agustus 2021 1:12 pm

Bagikan