Buat Lingkungan Nyaman, Ini 5 Cara Mengusir Nyamuk dengan Mudah dan Alami!

Biasanya, cara mengusir nyamuk paling praktis yang biasa dilakukan banyak orang adalah dengan menggunakan obat nyamuk ataupun alat semprotan seperti Baygon dan produk serupa. Sayangnya, kalau saja kita menggunakan cara mengusir nyamuk tersebut, ada beberapa efek buruk yang bisa dirasakan.

Misalnya untuk anak kosan, menggunakan obat nyamuk berpotensi menganggu pernafasan bila saja meletakan tidak jauh dari hidung. Tergantung ukuran kamar kamu juga sih.

Dan aku, punya beberapa tips yang sekiranya adalah cara-cara untuk mengusir nyamuk secara alami. Alami loh, jadi tidak ada campuran bahan kimia dan potensi beracun.

Bagaimana Cara Mengusir Nyamuk secara Alami?

Obat semprot dan obat nyamuk adalah metode cara mengusir nyamuk yang mempunyai bahaya. Dimana bahan-bahan dari keduanya adalah campuran bahan kimia, sehingga berisiko mengundang bahaya efek samping bagi kesehatan kita. Dan sebagai Alternatif terbaik, ikuti cara-cara berikut saja untuk mengusir nyamuk.

5 Cara Mengusir Nyamuk dengan Mudah dan Alami

  1. Menggunakan Minyak Kayu Manis

    Cara mengusir nyamuk termudah pertama adalah dengan menggunakan bahan alami yaitu minyak kayu manis. Dari sebuah hasil penelitian, didapatkan sebuah fakta dimana ternyata minyak kayu tersebut bisa berguna untuk membasmi telur nyamuk.

    Cara menggunakan minyak tersebut adalah dengan mencampurkan 120 mili liter air dengan 24 tetes atau seperempat sendok teh minyak kayu manis. Setelah itu kamu bisa memasukan campuran keduanya ke dalam botol semprot untuk bisa langsung menggunakannya di kulit.

    Sayangnya, untuk mengusir nyamuk menggunakan cara ini. Ada hal yang sangat perlu diperhatikan, yaitu untuk berhati-hati dalam penggunaan. Untuk yang tidak cocok, minyak ini bisa menimbulkan iritasi di kulit.

  2. Menggunakan Minyak Serai Wangi

    Simpel aja sih cara mengusir nyamuk menggunakan minyak serai wangi, yaitu dengan mengoleskan langsung minyak itu atau ditumbuk dulu hingga halus untuk bisa dioleskan secara rata ke kulit.

  3. Menggunakan Minyak Kedelai

    Berikutnya ada cara dengan menggunakan minyak kedelai. Cara ini sangat disarankan untuk mengusir gigitan nyamuk dari anak-anak.

    Kalau mau efek yang lebih lama untuk mengamankan si kecil, cobalah mencampurkan minyak serai wangi dan minyak kedelai.

  4. Mengenakan Pakaian Panjang

    Cara mengusir nyamuk mudah berikutnya adalah yang terbilang paling mudah. Kamu bisa membuat nyamuk kesulitan mengigit dengan hanya mengenakan baju bertangan panjang, usahakan bukan baju yang berwarna gelap seperti hitam, karena itu bisa mengundang perhatian nyamuk.

  5. Menyalakan Kipas ke Arah Sumber Nyamuk Berasal

    Ketika sedang dalam kondisi terdesak, alias lupa membeli penangkal nyamuk! Alternatif terakhir adalah dengan menyalakan kipas ke arah yang sekiranya adalah sumber nyamuk datang.

    Untuk mencegah datangnya nyamuk, kamu bisa untuk membersihkan genangan air yang bercampur dengan plastik atau sampah lembab.

ARTIKEL TERKAIT
Berikut 10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Kaki Menyengat!

Selain sebagai Alternatif dan tidak berisiko beracun, cara mengusir nyamuk secara alami dan mudah tadi juga bermanfaat untuk kamu yang sedang berada di fase Low Budget.

Kalau sekiranya ada yang mau dibahas terkait topik cara mengusir nyamuk ini. Kita ngobrol dan bahas bersama di kolom komentar ya.


Referensi: Alodokter