Bangkitlah, Ini Cara Untuk Mengusir Kesedihan

Sebagai salah satu mahluk ciptaan Tuhan, kita diberikan yang namanya perasaan yang bisa setiap saat berubah-ubah. Termasuk rasa sedih yang datang akibat beberapa hal ataupun sebuah konflik kehidupan pribadi.

Berbagai kejadian yang terlihat oleh mata salah satu hal yang bisa membuat perubahan drastis perasaan kita. Hidup tidak selalu tentang bahagia, ada saat kita berada di fase bersedih. Dan oleh karena itu, kamu perlu tau cara berhenti dari rasa sedih.

Cara Berhenti dari Rasa Sedih

Gambar: Dian Sastrowardoyo

Dasarnya, rasa sedih adalah sebuah bentuk tanggapan Emosional terhadap sesuatu yang tidak berjalan sesuai harapan. Salah satunya ketika kamu yang tiba-tiba kehilangan seseorang, ataupun sedang berputus asa akan sesuatu yang belum bisa kamu selesaikan.

Bersedih boleh saja, untuk meluapkan emosi untuk mendapatkan rasa lega dengan menangis. Tapi jangan sampai berlarut-larut! ikuti beberapa tips terkait cara berhenti dari rasa sedih berikut.

Ini Cara Mengatasi Rasa Sedih, Bangkitlah!

  1. Pahami Kesedihan yang Kamu Alami

    Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir atau bahkan membuang lega dari rasa sedih adalah dengan coba memahami emosi. Emosi yang dimaksud adalah perasaan dari kesedihan yang kamu alami.

    Pikirkan apa yang dapat kamu lakukan untuk membalas hal yang telah membuatmu bersedih. Pikirkan apa yang dapat kamu perbuat kedepannya untuk membuat rasa bangga terhadap kebangkitan.

  2. Jalani dan Habiskan!

    Cara ampuh berikutnya adalah dengan jangan pernah untuk menyimpan yang namanya rasa sedih. Hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyendiri selama seharian bersama tangisan.

    Luapkan semuanya sampai habis, setelah itu! wajib untuk kamu agar bisa menerima kenyataan dan membuka lembaran baru dengan cara yang bijak. Ketahuilah! rasa sedih yang kamu alami hanyalah sebuah fase kehidupan yang pasti akan berjalan, jangan berlarut-larut.

  3. Menangis Secara Lepas

    Cara mengusir rasa sedih berikutnya adalah dengan menangis secara lepas, luapkan semua emosi yang harusnya memang diluapkan. Menangislah, tertawalah, tersenyumlah.

  4. Carilah Tempat untuk Menumpahkannya

    Tentukan dan ingat siapa orang yang kamu percaya. Datang, ngobrol dan jadikan ia sebagai tempat untuk menumpahkan segala emosi kamu! lewat cerita, dan menangislah atas apa yang kamu alami. Aku sarankan disini, tumpahkan kepada ibumu.

  5. Pindahkan Fase Kesedihan ke Tulisan

    Tahukah kamu, menulis adalah salah satu terapi yang cocok untuk kamu yang sedang mengalami kesedihan. Dengan menulis, rasanya seperti kamu telah menumpahkan rasa kecewa yang telah dialami.

Satu hal yang harus-harus kalian ingat! tanamkan ini ya. Rasa sedih jangan dibawa, atau bahkan disimpan secara berlarut-larut. Karena hal tersebut bisa merusak mental kamu, termasuk kepercayaan terhadap orang lain.

Yakinlah semua hal yang terjadi akan berubah karena takdir yang telah diatur oleh Tuhan. Alternatif lainnya adalah dengan berani mencoba berkarya atau melakukan hal positif yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Dengan itu, rasa sedih berat pun bisa terlupakan.

Siapapun kamu, hargailah kehidupan. Jangan mengurangi karunia Tuhan dengan bersedih berlarut-larut. Bukan hanya kamu yang mengalami itu, orang lain pun juga sama. Maka dari itu, bangkitlah dan buktikan kalau kamu tidak seperti mereka yang hanya bisa mengeluh terus-menerus.


Referensi: Alodokter