Beginilah Cara Melembapkan Bibir Dengan Benar

Bagaimanakah Cara Melembapkan Bibir Dengan Benar?

Apakah kalian tahu? Dengan membuat bibir kita lembap setiap saat, itu bisa membuat kepercayaan diri kita semakin naik lho saat bertemu seseorang. Terlebih lagi, bibir kering juga tidak baik untuk kesehatan kita. Disaat bibir kering, kita sering banget menjilat untuk membasahi bibir kita. Ternyata hal tersebut tidak baik lho. Lalu bagaimanakah cara yang benar untuk melembapkan bibir? Simak ulasannya di bawah ini.

Sebelum itu, apakah penyebab bibir kita kering? Bibir kering sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya cuaca, sinar matahari, dan udara kering. Bibir sangat sering terekspos oleh berbagai faktor dari lingkungan tersebut, namun tidak memiliki kelenjar minyak untuk melindunginya. Kurangnya minum air putih pun menjadi salah satu faktor penyebab bibir kering. Terlebih lagi, sangat penting bagi kita untuk membuat bibir kita selalu lembap ataupun tidak kering. Bagaimanakah cara melembapkan bibir dengan benar? Berikut di bawah ini.

Berikut Cara Melembapkan Bibir Dengan Benar

Time needed: 5 hours.

Bagi kamu yang sedang mencari: “Cara Melembapkan Bibir Dengan Benar“. Cara berikut ini dapat membantu kamu agar tidak memiliki bibir yang sangat kering. Perlu diingat, sebagian orang menyebut bahwa menjilat bibir merupakan cara paling praktis untuk membantu melembapkannya. Namun nyatanya, setelah ludah mengering, justru akan mengurangi kelembapan pada bibir. Jadi, untuk melembapkannya secara benar, ikuti cara-cara di bawah ini.

  1. Menjaga Kecukupan Cairan Tubuh

    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjaga kecukupan cairan tubuh. Perlu kalian ketahui, bibir kering menjadi pertanda bahwa tubuh anda kurang cairan. Perbanyak minum air minimal 8 gelas setiap harinya. Jika perlu, gunakan alat pelembap ruangan (humidifier) untuk menjaga kelembapan udara sekitar, yang juga akan memengaruhi kelembapan bibir Anda.

  2. Mengoleskan Pelembap Bibir

    Hal kedua yang harus kalian lakukan adalah mengoleskan pelembap bibir. Sedikit tips, pilihlah pelembap bibir dengan bahan emolien, seperti minyak kelapa dan petroleum jelly. Pelembap bibir dengan bahan ini akan membantu meringankan bibir kering dan tidak menimbulkan iritasi.   

  3. Memilih Produk Bibir Dengan Tabir Surya

    Hal ketiga yang harus kalian lakukan adalah menggunakan pelembap bibir yang mengandung tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan dapat melindungi kerusakan pada bibir, dengan mengurangi efek paparan sinar ultraviolet pada bibir.

  4. Tidak Menggigit Atau Mengelupas Kulit Pada Bibir

    Hal keempat yang harus kalian lakukan adalah tidak mengigit atau mengelupas kulit pada bibir anda. Mengelupas kulit bibir yang halus dan tipis dapat menyebabkan rasa sakit dan bibir berdarah. Selain itu, juga dapat memperlambat proses pemulihan pada bibir.

  5. Mengganti Teknik Pernapasan

    Hal kelima yang harus kalian lakukan adalah mengganti teknik pernapasan anda. Tak banyak yang menyadari bernapas melalui mulut dapat memicu bibir kering. Ganti teknik pernapasan dengan bernapas melalui hidung, sebagai cara untuk menjaga bibir tetap lembap.

Cara Menghindari Penyebab Bibir Kering

Apakah penyebab bibir kering hanya itu saja? Salah, karena banyak sekali hal yang menyebabkan bibir kalian kering dan tidak lembap. Banyak sekali faktor yang dapat menyebab hal tersebut terjadi. Seperti aktivitas kita sehari-hari hingga obat-obatan yang kita konsumsi. Bagi kalian yang belum tahu tentang penyebabnya. Berikut di bawah ini.

  • Kafein

Apakah kalian tahu? mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein bisa meningkatkan risiko bibir kering. Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, atau cokelat, dapat membuat kulit kering dari dalam.

  • Obat-Obatan Tertentu

Tidak hanya Kafein, obat-obatan tertentu juga bisa meningkatkan risiko bibir kering dan pecah-pecah. Obat-obatan yang dapat menyebabkan kondisi tersebut meliputi, obat kemoterapi, lithium (obat untuk gangguan bipolar), dan suplemen vitamin A.

  • Minuman Beralkohol

Terakhir, minum minuman yang beralkohol juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol akan mengganggu penyerapan vitamin dalam tubuh, sehingga kebutuhan vitamin Anda tidak dapat terpenuhi.


Perlu diingat kembali, bibir kering juga ternyata menjadi pertanda bahwa adanya penyakit atau gangguan kesehatan, seperti infeksi atau malnutrisi. Jika cara melembapkan bibir di rumah tidak berhasil mengatasi masalah, sebaiknya segera temui dokter. Cara yang tepat untuk mengatasi bibir kering adalah menggunakan pelembap hinga menjaga pola makan kita sehari-hari.

REFERENSI
ALODOKTER