Cara Menjaga Sendi dan Mengobati Rematik

Cara Mengobati Rematik – Tahukah kamu, rematik adalah jenis penyakit yang menyerang bagian sendi juga struktur sekitarnya, seperti kepala dan bagian kaki. Penyakit tersebut memiliki nama kedokteran yaitu RA atau Rheumatoid Arthritis. Rasa nyeri yang disebabkan bisa diatasi, bagaimana?

Penyebab Terjadinya Rematik

Ketahuilah terlebih dahulu, rematik disebabkan oleh beberapa hal yang sangat sering terjadi sehari-hari seperti akibat dari tubuh yang kegemukan, atau akibat terlalu sering menggunakan lutut seperti seorang pemain Sepakbola Profesional. Rematik sering menyerang di usia 20-50 tahun.

Gambar: Doktersehat

Gejala rematik sendiri yang paling umum ditandai dengan sendi kaku saat baru bangun tidur dan membuat seseorang kesulitan untuk bergerak.

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Untuk Merawat Bulu Mata Agar tak Rontok, Bersih dan Sehat Selalu!

Baca juga: Cara menjaga kesehatan Tulang


Cara Mengobati Rematik

  1. Obat dan Tanaman Herbal

    Menanam berbagai tanaman herbal adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk setidaknya menyiapkan diri kalau sewaktu-waktu terkena rematik. Kalau tidak, Alternatif terbaik adalah obat-obatan khusus penyakit rematik.

  2. Obat Khusus Penghilang Rasa Nyeri

    Cara mengobati rematik lainnya yang bisa kamu lakukan adalan dengan berkonsultasi bersama dokter ahli yang tepat untuk mendapatkan obat analgesik atau penghilang rasa nyeri yang tepat.

  3. Kortikosteroid

    Meminimalisir penyakit rematik bisa dilakukan dengan memilih obat golongan kortikosteroid, yaitu obat khusus untuk mengatasi peradangan (Inflamasi).

    Selain itu, obat tersebut juga berfungsi untuk menekan sistem kekebalan sehingga reaksi pada rematik dapat berkurang.

  4. Kompres Es

    Alternatif lain untuk mengobati rematik adalah dengan menggunakan kompres es, dengan cara itu kamu bisa menurunkan ambang nyeri dan mengurangi fungsi enzim.

  5. Sayuran Penangkal Rematik

    Ketahuilah, ada banyak macam-macam sayuran dan tanaman herbal yang baik bahkan memang berperan penting untuk mengobati bahkan mencegah penyakit rematik. Misalnya seledri, kubis, wortel, jahe, kunyit, biji seledri, daun lidah buaya, rosemary, aroma terapi, minyak juniper dan brotowali.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Self-harm: Melukai Diri Sendiri Akibat Bucin dan Semacamnya

Bagaimana cara mencegah rematik? Poin pentingnya adalah dengan menjaga berat badan yang stabil. Berat badan ideal adalah salah satu hal penting untuk mencegah terjadinya penyakit rematik.

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan sendi lutut dan panggul mendapatkan beban yang membahayakan kesehatan. Daripada mengobati, lebih baik mencegah ya kan. Semoga bermanfaat.


Referensi: Doktersehat