Cara Mengatasi Hidung tersumbat Secara Alami!

Cara mengatasi Hidung Tersumbat, tak hanya bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke dokter. Jika sedang mengalami kondisi hidung tersebumat di rumah, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana untuk melegakan hidung yang mengalami kesumbatan.

Penyebab Hidung Tersumbat

Biasanya, penyebab hidung tersumbat paling umum adalah akibat daya tahan tubuh tak dapat menerima udara yang terlalu dingin ketika sedang hujan atau dalam suhu keadaan yang terlalu dingin.

Ilustrasi Gambar dari: Facebook

Setidaknya, sekali seumur hidup kamu pasti pernah mengalami hidung tersumbat yang merupakan pemulihan lanjut sehabis mengalami flu dan filek. Bagaimana mengatasi hidung tersumbat?

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Menghilangkan rasa tak nyaman ketika sedang tersumbat

  1. Memijat Bagian di Antara Alis

    Mengatasi hidung tersumbat yang pertama dapat kamu lakukan dengan memijat bagian di area antara alis seperti terlihat pada gambar diatas tadi.

  2. Minum Teh Hangat

    Secara alami, teh hangat adalah salah satu minuman dari tanaman herbal yang sangat ampuh untuk melelehkan lendir atau hingus yang menumpuk menebal dan menyebabkan hidung tersumbat.

  3. Hirup Uap Air Hangat

    Masaklah air hingga mendidih, lalu hirup uapnya! tapi jangan terlalu dekat agar tak membahayakan dan tidak membuat hidung melepuh.

  4. Minyak Kayu Putih Alternatif Terbaik

    Kalau mau obati filek, flu atau hidung tersumbat dengan membeli obat herbal yang benar-benar alami, minyak kayu putih adalah pilihan terbaik. Obat tersebut ampuh untuk meredakan lendir atau hingus yang mengental dan menghalangi hidung.

  5. Makanan Pedas

    Mengkonsumsi makanan pedas ketika sedang mengalami hidung tersumbat, kemungkinan besar akan membakar rasa di lidah dan membuat semua bagian tubuh merasakan efek pedas. Tubuh yang berkeringat dan lendir kental akan mencair.

Baca juga:


Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat secara alami yang bisa dilakukan hanya di rumah saja. Efisien biaya dan waktu, tapi kalau sudah mengalami penyakit tingkat lanjut ya wajib dibawa ke dokter juga. Semoga bermanfaat dan selalu perhatikan kesehatan dan perawatan tubuh.