Cara Mudah Mengobati Panu dengan Cepat!

Serupa tapi tak sama dengan kurap, penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur berikutnya ini adalah Panu. Pernah mempunyai penyakit ini kah kamu? Kalau sedang mengalaminya sekarang, inilah tempat yang tempat untuk cara mengobati panu dengan cepat yang tepat. Yuk lanjut bahas.

Penting, Sebelum Lanjut Bahas Cara Mengobati Panu!

Bagi kamu yang bingung apakah sedang mengalami gejala penyakit panu atau tidak. Pahami tentang apa itu panu terlebih dahulu. Apa itu panu? Panu atau yang dalam bahasa kedokterannya Tinea Versicolor ini adalah sebuah jenis penyakit kulit yang disebabkan akibat alergi jamur.

Panu ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih di sebuah area kulit tubuh kita. Warna yang menandai kamu sedang menerima gejala penyakit kulit tersebut tidak selalu putih, terkadang juga kulit yang berwarna lain sesuai kulit si penderita.

Mengobati Panu dan Pencegahan

Penting! panu bukanlah sebuah penyakit kulit yang serupa dengan jerawat. Kalau penyakit kulit yang bernama jerawat adalah penyakit yang terlihat jelas dengan kulit yang tampak menojol.

Sedangkan panu hanya ditandai dengan warna kulit yang tidak serupa dengan kulit asli kita, misalnya warna putih yang terlihat begitu berbeda bersama perasaan gatal-gatal di area itu.

Dalam langkah melakukan pencegahan sebelum masuk ke fase kamu yang harus mencari cara mengobati panu, ada baiknya untuk melakukan pencegahan saja. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Bingung bagaimana cara mencegahnya? Pahami tentang penyebab adanya panu berikut.

Penyebab Panu?

Gambar: Tempo Cantik

Gambar: Tempo Cantik

Penyebab panu yang paling umum dan sering terjadi adalah ketika seseorang yang sedang berkeringan, lalu tiba-tiba menggunakan air yang bercampur dengan kandungan kotoran.

Maka secara cepat, jamur dari sedikit apapun kotoran tersebut bisa langsung meresap ke kulit dan tumbuh. Penyebab panu lainnya adalah air hujan yang jatuh setelah melewati seng yang berlumutan.


Cara Mengobati Panu

  1. Mengobati Panu Secara Alami

    Ada banyak obat panu alami, salah satunya adalah lidah buaya dan kunyit. Cara mengobati panu menggunakan lidah buaya adalah dengan langsung mengoleskan lidah buaya murni ke bagian kulit yang ada panunya.

    Atau ikuti sebuah Alternatif dimana gel lidah buaya dicampur terlebih dahulu dengan gel aloe vera juga dengan beberapa tetes minyak zaitun. Bisa juga dicampur dengan minyak kelapa.

  2. Dengan Mengkonsumsi Yogurt

    Cara berikutnya adalah dengan rajin memimun dua gelas yogurt tawar setiap hari, hal tersebut dapat secara perlahan membasmi infeksi jamur dari dalam.

    Bukan hanya dengan meminum, kamu juga bisa mengoleskan yogurt ke bagian kulit yang menderita panu untuk dapat membunuh infeksi jamur.

    Yogurt berpotensi sebagai sebagai obat panu karena terdapat protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6, dan vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

  3. Semua Alternatif

    Alternatif yang dimaksud disini adalah cara mengobati panu dengan cara alami selain beberapa alami pertama tadi. Masing-masing adalah dengan menggunakan tea tree oil.

    Buatlah campurkan 1 sdrt minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 5 tetes minyak lavender. Setelah itu aduklah rata dan usapkan pada bagian kulit yang ada panunya menggunakan kapas atau cotton bud.

    Berikutnya ada cara lain mengobati dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu dan diamkan sampai kering.

    Cara mengobati panu dengan bawang putih juga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mudah. Kamu hanya tinggal memotong bawang putih menjadi dua bagian dan gosokan secara bergantian keduanya terhadap panu selama dua kali sehari secara rutin.

Penyakit panu dapat menular ketika kamu mengenakan handuk atau salah satu pakaian dari seseorang yang jamurnya sedang dalam tahap berkembang biak. Jadi, berhati-hati dalam menggunakan pakaian atau handuk punya teman ya.

Cara Mengobati Panu – Penutup

Jadi, bagi kamu yang sedang terkena penyakit jamu yang disebut panu, cobalah pahami dengan benar tentang cara mengobati panu ini. Jangan biarkan si jamur tumbuh terlalu lama, dengan menunda-nunda. Karena kalau sudah lebar dan banyak, mengobatinya akan jauh semakin sulit.

Terkait penyakit serupa yang disebabkan jamur, mungkin kamu memerlukan cara mengobati kurap atau kadas yang bisa kamu baca lengkap disini > Cara mengobati kurap. Selain itu, yuk bahas atau sekedar ngobrol sama-sama di kolom komentar.


Referensi: Hellosehat, Merdeka