Kesehatan

Kecelakaan? Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama Merawat Luka Lecet

Cara mengobati Luka lecet adalah metode dengan langkah awal untuk melakukan pengobatan terhadap luka pada kulit yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti kecelakaan atau tergores benda tajam.

Luka lecet biasanya sering terjadi ketika kulit bergesekan dengan permukaan yang kasar, sehingga mengelupas lapisan atas kulit. Meski tergolong luka ringan, tapi luka ini juga memerlukan perawatan.

Pentingnya Pertolongan Pertama Luka Lecet

Gambar: Hellosehat

Ketahuilah, dalam kedokteran! kulit terdiri dari bagian teratas, disebut epidermis, dan bagian di bawahnya disebut dermis. Sebagai organ tubuh terluar dan terluas dari tubuh, kulit rentan terkena goresan dan terluka.

Lecet atau luka yang terjadi di lapisan epidermis kulit adalah jenis luka umum yang sangat sering terhadi oleh kecelakaan atau tergores benda kasar atau tajam, atau penyebab lainnya. Pengobatan pertama dilakukan agar tak terjadi infeksi dan gangguan lanjut yang berbahaya bagi kulit.

Cara Mengobati Luka Lecet Sebagai Penanganan Pertama

Bersihkan Area Lecet

Bila kamu mengalami luka lecet saat di rumah, melakukan penanganan atau pengobatan pertama tak perlu harus langsung ke rumah sakit. Cucilah tangan dengan air dan sabun sampai bersih untuk siap membersihkan luka.Berikutnya, bersihkanlah luka dari kotoran yang menempel dengan air mengalir atau gunakan larutan garam yaitu cairan Saline yang steril.

Antibiotik

Oleskan antibiotik untuk membuat luka tetap lembap, sehingga mempercepat penyembuhan, serta mencegah infeksi. Ini yang paling penting sebagai penanganan pertama cara mengobati luka lecet.

Tutup Luka

Setelah mengoleskan antibiotik, tutuplah luka dengan kasa steril yang lembut dan rutin menggantinya setiap hari sebelum sembuh.

Obat Pereda

Bila perlu, gunakan obat pereda nyeri apabila rasa sakit dan luka yang didapat cukup besar. Ingat! hindari mengonsumsi aspirin karena berisiko memperpanjang waktu perdarahan.

Hindari Sinar UV

Langkah alami mengobati luka lecet adalah dengan menghindari luka dari pajanan sinar matahari untuk mencegah hiperpigmentasi permanen.

Alternatif

Jika darah luka lecet tak kunjung mereda dan terus muncrat keluar, ada yang salah dengan penangananmu. Silahka periksa ke dokter.

Ingat, hindari mengoleskan salep ataupun bahan selain obat luka, kecuali dilakukan atau dianjurkan oleh dokter. Kalau terdapat memar dan bengkak, Alternatif mengobati luka lecet bisa dengan menggunakan kompres es.


Referensi: Alodokter

Artikel ini terakhir kali diubah pada 7 Agustus 2021 1:12 pm

Bagikan