Jangan Biarkan Terlalu Lama, Ini Cara Mudah Mengobati Kutil

Selain kurap dan panu, salah satu penyakit kulit mengerikan lainnya adalah Kutil. Dimana, penyakit tersebut adalah keadaan dimana kulit kamu mengalami sebuah daging baru yang tumbuh dan berpotensi terus bertambah untuk menggerogoti kulit kamu. Cari cara mengobati kutil?

Kenali Penyakit Kutil

Gambar: Removewartseasy

Memang, penyakit kulit bernama kutil bisa menghilang sendiri tanpa harus diobati. Tapi! kalau kamu terus saja melakukan aktivitas yang dapat memicu kedatangan kutil yang lebih banyak, akan sulit untuk mengobatinya.

Kalau tanpa pengobatan, perlu waktu lama untuk melihatnya sembuh. Mulai dari seminggu hingga berbulan-bulan.bahan-bahan yang mengandung asam salisilat adalah salah satu bentuk obat yang cukup ampuh dalam menghancurkan lapisan atas kulit di tempat kutil berada.

Cara Mengobati Kutil

Kalau cara itu tidak mempan! ikuti Alternatif berikut sebagai cara untuk mengobati kutil. Jangan biarkan kutil lebih lama di kulit, berbahaya. Ikuti berbagai rangkuman berikut sebagai upaya mengobatinya:

  1. Krioterapi

    Oke langkah pertama sebagai upaya mengobati kutil adalah dengan melakukan terapi pembekuan atau disebut juga dengan Krioterapi. Cara yang akan kamu lakukan adalah dengan memberikan cairan nitrogen agar membuat kutil membeku dan mematikan jaringan-jaringannya.

    Setelah beku, berikutnya kamu bisa rutin terus-menerus sekitar seminggu atau lebih untuk melakukan Krioterapi. Maka, jaringan kutil akan secara perlahan habis. Metode ini juga berguna untuk merangsang sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat lagi.

  2. Kuret

    Berikutnya ada metode mengobati kutil dengan cara meotong jaringan kulit bagian dari kutil. Dan ini! adalah salah satu cara mengobati kutil yang paling ampuh.

  3. Bakar dengan Sinar Laser

    Mirip dengan metode sebelumnya, dimana cara berikutnya ini adalah mematikan jaringan kutil menggunakan bakaran sinar laser. Setelah melakukan pembakaran dan membuat kutil mati, silahkan lakukan pengobatan lanjut agar tak menjadi infeksi serius.

  4. Metode Electrosurgery

    Terakhir, ada cara mengobati kutil dengan menggunakan Electrosurgery, yaitu metode membakar jaringan kutil dengan muatan listrik yang disalurkan lewat ujung jarum. Berani coba?

Kutil adalah penyakit kulit yang mengerikan dan dapat membahayakan nyawa loh secara tidak langsung. Jadi, jangan mau memelihara kutil di kulit, lakukan berbagai upaya untuk membasminya. Lakukan cara-cara diatas sebagai langkah agar kamu tak betah dengan si kutil.


Referensi: Alodokter