Kesehatan

Begini Cara Untuk Mengatasi Penyakit Sembelit

Sembelit adalah sebuah penyakit dimana penderitanya mengalami kondisi pergerakan usus yang menurut. Atau secara jelasnya adalah keadaan dimana seseorang kesulitan untuk buang air besar (BAB). Adakah cara mengatasi sembelit yang ampuh?

Sembelit atau Konstipasi

Penyakit tersebut memiliki sebutan lainnya yaitu Konstipasi. Penyakit ini sendiri ditandai oleh sulitnya buang besar dan penderita biasanya hanya buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Penyebab penyakit ini sendiri biasanya adalah akibat dari gaya hidup yang tak sehat, sembelit berpotensi mendatangkan penyakit lain loh, makanya perlunya pencegahan. Satu hal yang lebih baik daripada mengobati.

Gambar: Shutterstock

Ketika mengalami pertama kali, itu rasanya adalah sebuah hal yang normal saja! dalam konsep satu kali ya. Cara mencegah sembelit.

Maka dari itu, hindarilah untuk potensi mengalami kembali penyakit sembelit, apalagi bagi yang sudah lansia, orang gemuk, wanita hamil dan kategori orang-orang yang terlalu sering duduk.

Gejala Sembelit

Ketika sudah mengalami hal-hal berikut, berarti kamu sudah merasakan gejala penyakit sembeli. Misalnya sulit buang air besar, buang air keras, buang air besar kurang dari 3 kali seminggu, perut berasa seisi penuh, sering mengalami sakit perut, buang air berdarah, atau setelah buang air besar! kamu merasa tidak puas seperti masih ada yang tersumbat.

Cara Mengatasi Sembelit

Perbanyak Konsumsi Serat

Untuk mencegah datangnya sembelit, rutinlah untuk mengkonsumsi serat atau air putih minimal delapan gelas sehari. Kurangi juga aktivitas terlalu lama duduk sebagai cara mencegah sembelit.

Obati Stres

Stres juga adalah salah satu pemicu sembelit. Stres dapat membuat pikiran seseorang terganggu dan malas untuk melakukan aktivitas, sekalipun itu hanya untuk makan.

Olahraga

Olahraga memang adalah sebuah aktivitas yang mendatangkan banyak hal positif, termasuk mencegah sembelit. Minimal, lakukan latihan olahraga tiga kali seminggu.

Banyak Konsumsi Sayuran

Makanan tak sehat harus diimbangi dengan konsumsi lebih banyak buah dan sayuran, misalnya bayam, pepaya, pisang dan lainnya.

Konsumsi Suplemen Serat

Terakhir, cobalah untuk konsultasi ke dokter ahli. Maka kamu akan mendapatkan resep yang tepat! termasuk berbagai rekomendasi suplemen serat yang cocok untuk mencegah sembelit.

Baca juga: Cara menambah berat badan, meski kamu malas makan!


Ingatlah! mencegah itu jauh lebih baik dari mengobati. Termasuk mencegah sembelit, sebuah penyakit berbahaya yang bahkan berpotensi mendatangkan gejala jenis penyakit lain. Semoga bermanfaat untuk kamu dan lekas sembuh dari sembelit ya.


Referensi: Hellosehat

Artikel ini terakhir kali diubah pada 7 Agustus 2021 1:12 pm

Bagikan