Yuk Cegah Penyakit Batu Ginjal yang Juga Mengincar Anak Muda!

Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal – Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang bisa dikatakan sulit untuk disembuhkan. Bahkan, menemukan obatnya saja juga sudah sulit.

Dengan pengobatan rutin dan serius, penyakit ginjal bisa diatasi. Salah satu penyakit ginjal yang sering menyerang kebanyakan orang adalah batu ginjal. Jika sudah kenal dengan gejala-gejalanya, lakukanlah pencegahan.

Banyak orang yang mengatakan kalau penyakit tersebut tak bisa disembuhkan tanpa operasi. Anggapan tersebut tak sepenuhnya benar, karena ada beberapa tanaman herbal yang sangat manjur sekali untuk membuat batu ginjal hilang. Penasaran kan?

Mengatasi Batu Ginjal Lebih Dini Secara Alami

Daun Alpukat

Gambar: Situs Riau

Tahukah kamu, selain adalah buah yang sangat nikmat sekali dijadikan sebagai jus, ternyata aplpukat juga punya manfaat untuk mengobati batu ginjal. Bagi kamu yang punya kebun buah ini, beruntung banget deh.

Cara meracik obat alami batu ginjal dari tanaman ini mudah saja kok. Siapkan terlebih dahulu 7 lembar daun alpukat yang bersihkan hingga benar-benar bersih. Kemudian rebuslah menggunakan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan saring.

Silahkan minum airnya setelah dingin secara rutin dan teratur agar menghilangkan batu ginjal dan resiko yang lebih parah lagi.


Daun Gempur Batu

Daun gempur batu atau yang bernama latin Borreria hispida Schum ini sangat bermanfaat untuk menghancurkan batu ginjal karena mengandung zat kalium. Buat ramuan obat alaminya dengan cara berikut:

  • Siapkan 7 lembar daun gempur batu
  • 30 gram semanggi hitam
  • Tujuh lembar daun kembang, dan 800 cc air
  • Rebuslah ketiga bahan tadi sampai air rebusannya tersisa setengah
  • Saring dan angkat ampasnya
  • Biarkan sampai air jadi dingin
  • Silahkan minum ramuan 2 kali sehari secara rutin dan teratur.
ARTIKEL TERKAIT
Beginilah Cara Mudah Mengusir Nyamuk Secara Alami!

Daun Dadap

Gambar: Deherba.com

Daun dadap juga adalah tamaman herbal yang sangat bermanfaat untuk mengobati batu ginjal. Cara mencegah batu ginjal menggunakan daun ini adalah dengan membuat ramuan daun dadap yang cukup mudah:

  • Siapkan 5 lembar daun dadap
  • Tiga lembar daun cocor bebek
  • Tiga potong rimpang kunyit
  • Tumbuk ketiga bahan tersebut sampai halus
  • Gunakan ramuan atau obat alami batu ginjal ini di bagian tubuh yang mengalami pembengkakan akibat batu ginjal.

Daun Keji Beling

Gambar: Viva Blog

Obat alami terakhir adalah menggunakan daun keji beling, tanaman herbal ini umumnya tumbuh di Madagaskar, namun sekarang sudah tumbuh subur di Indonesia serta Malaysia.

Selain dapat mengobati batu ginjal, daun ini juga bermanfaat untuk mengobati diabetes, antioksidan, antisipilis, dan sebagai anti-mikroba. Daun keji beling mengandung zat kalium yang bermanfaat untuk melarutkan batu di kantung empedu, begitu juga batu ginjal.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Baca Juga:


Silahkan siapkan 7 lembar daun keji beling, 5 batang meniran, 40 lembar daun dan akar kumis kucing, serta rimpang kunyit sebanyak satu potong. Kemudian bersihkan semua bahan, lalu rebus menggunakan 4 gelas air.

Kemudian, tunggu sampai mendidih hingga air tadi tersisa 3 gelas, lalu angkat dan dinginkan. Sampai sini, minumlah ramuan ini setidaknya 3 kali sehari. Ingat, rutin dan teratur adalah kuncinya.


Semoga referensi ini dimanfaat dengan baik dan benar, itulah tadi beberapa cara mencegah penyakit batu ginjal secara alami yang disarankan jika saja kamu yang mengalami sedang tak dapat melakukan pengobatan ke dokter.


Referensi: Hipwee.com