Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi, Begini Caranya!

Cara aman mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi – Lebaran akan segera tiba, dalam waktu akan terjadi mudik yang sangat ramai. Bagi temen-temen perantau, ini akan jadi momen yang cocok untuk berkumpul lagi bersama ibu, ayah dan semua keluarga di kampung.

Merayakan lebaran dengan saudara dan keluarga adalah momen indah yang paling dinantikan. Mudik adalah sebuah tradisi rutin yang sangat dominan terjadi setiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri di Indonesia.

Apa itu Mudik?

Gambar: Indonesiainside

Sekedar informasi bagi yang belum sempat tau, mudik adalah sebuah istilah singkatan dari bahasa Jawa, Mulih Dhisik atau pulang sebentar ke kampung halaman, kota, atau negara asal.

Biasanya menjelang hari keberangkatan mudik, memesan tiket transportasi umum adalah hal yang dipilih oleh kebanyakan orang dengan alasannya masing-masing.


Baca Juga: Tetap Bisa Mudik, Meski Waktu Mepet! Begini Caranya


Bagi sebagian orang, mungkin tahun ini akan berpikir untuk memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil. Selain efisien waktu dan biaya, kendaraan tersebut nantinya bisa digunakan untuk jalan-jalan bersama keluarga.

Begini Cara Aman Mudik dengan Membawa Kendaraan Pribadi

Meski dipikir enak dan bisa bermanfaat nantinya, mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi memiliki risiko tinggi lebih ketimbang kendaraan umum. Kendaraan pribadi berbahaya dibawa sendirian.

Misalnya saja macet di jalan yang tidak terprediksi, rute jalan tidak hafal dan mungkin saja dapat berpotensi membuat kamu tersasar. Apalagi lelah dan gantuk yang mengancam keselamatan jiwa saat berkendara.

Maka dari itu, ingatlah dan perhatikan betul hal-hal berikut ketika kamu sudah bertekad lebih memilih kendaraan pribadi untuk mudik lebaran:

1. Pastikan Kondisi Kendaraan

Paling penting dan utama, yaitu kamu wajib memeriksa kondisi kendaraan sebelum mudik. Periksalah bagian mesin, apakah layak atau tidak untuk dibawah ke perjalanan jauh.

Cek kendaraan, entah itu mobil atau motor ke bengkel terdekat. Periksa keadaan mesin, rem, oli, air bag, dan roda apakah baik dan sanggup sekiranya untuk dipakai pulang kampung. Ini wajib dan harus dipastikan.

2. Slot Angkutan

Poin kedua, adalah kamu sebaiknya memilih untuk menghindari mengangkut penumpang melebihi kapasitas kendaraan, karena jika tidak! Ini dapat membahayakan kamu dan mereka semua.

Ketahuilah, setiap kendaraan didesain untuk membawa beban atau penumpang sesuai kapasitasnya masing-masing. Bila terjadi kelebihan beban, maka itu akan menjadi potensi berbahaya untuk keselamatan semua penumpang termasuk kamu sendiri.

Sepeda motor yang kapasitasnya normalnya adalah 2 orang, jangan dinaiki oleh orang lebih. Berlaku juga dengan mobil, Bila kapasitas mobil menyediakan untuk 7 sampai 8 orang, sebaiknya kamu jangan membawa penumpang melebihinya seperti 9 atau 10 orang.

3. Ongkos dan Pegangan

Poin berikutnya, adalah kamu sebainya membawa uang tunai secukupnya. Siapkan uang yang diperkirakan cukup untuk keperluan ongkos, uang makan dan lain-lain. Ingatlah, tak setiap daerah yang dilewati dalam perjalanan menyediakan mesin ATM. Jangan berlebihan, asal cukup.

4. Aktifkan GPS dan Gunakan Aplikasi Peta

Bagi yang baru mendapatkan kendaraan yang ingin digunakan mudik tahun ini, pastinya belum sering atau bahkan belum pernah melakukan perjalanan jauh pulang kampung dan tak ingat jalan.

Tapi tenang, khusus bagi kamu yang belum hafal jalan! Gunakan Alternatif dengan menggunakan aplikasi peta dari ponsel, seperti Google Map, Waze, dan banyak lainnya. Selain itu, aktifkan juga GPS. Jangan lupa Powerbank.


Itulah beberapa tips terkait cara aman mudik lebaran dengan kendaraan pribadi, ingat! Saat melakukan perjalanan patuhilah lalu lintas dan selalu istirahat saat sudah mengalami kelelahan. Semoga bermanfaat.


Referensi: Cermati.com