5 Cara Gaul Millennial Lestarikan Kesenian Tanah Air, Mari Mencintai Indonesia!

Indonesia, adalah salah satu negara kepulauan terbesar yang terdiri dari berbagai macam ras, suku dan budaya yang berbeda-beda. Meskipun begitu, bagaimanapun kita semua adalah satu Indonesia. Cara melestarikan kesenian Indonesia adalah salah satu hal yang layak dilakukan saat ini.

Warisan kesenian tradisional adalah hal penting yang wajib dijaga dan dilestarikan. Banyak yang telah berhasil melakukannya bahkan membuatnya terkenal sampai mancanegara.

Bagaimana Melakukannya?

Kesenian tanah air tersebut adalah salah satu identitas bangsa yang benar-benar wajib untuk dilestarikan. Sayangnya seiring perkembangan zaman, makin banyak perubahan yang membuat kesenian tradisional mulai pudar dan dilupakan.

ARTIKEL TERKAIT
Gimana Sih Jadi Gamer Jago dan Profesional? Ini Caranya

Kita semua sebagai para generasi bangsa termasuk para generasi Millennial, adalah kita-kita yang bisa meneruskan dan melestarikan budaya itu. Bila perlu, bersainglah dengan kesenian modern saat ini.

Seperti 5 hal yang dilakukan untuk melestarikannya berikut, tetap gaul dan kekinian. Bagaimana dan apa saja yang perlu dilakukan? Simak berikut.


Kesadaran Diri

Gambar: Auwalur Rizqi Al-Firori

Sebelum menggerakan orang lain, maka harus adanya kesadaran dari diri sendiri. Niat dan gerakkanlah dirimu, tanya apakah kamu sanggup untuk memberikan rasa cinta terhadap Indonesia dan keseniannya.

Perluaslah wawasan tentang kesenian tanah air ini, jangan pernah berhenti untuk mencari tahu dan terus mencari tahu. Ada pepatah yang mengatakan, tak kenal maka tak sayang.

ARTIKEL TERKAIT
Ngabuburit yang Asik tuh Gimana Sih? Ini Caranya!

Maka berarti kita harus kenal dulu dengan kesenian khas Indonesia, atau setidaknya kesenian khas daerah sendiri.


Dirikan atau Bergabung dengan Komunitas

Gambar: Okezone.com

Poin berikutnya adalah dengan mencoba bergabung bersama komunitas yang bergerak di bidang kesenian Indonesia. Bila perlu, kamu yang mendirikannya. Untuk mewujudkan harapan, perlu ada gerakan dan dukungan dari orang-orang yang satu visi yang sama.

Jika kamu bisa melakukannya, maka kamu dapat menyebarluaskan semangat dan cinta terhadap kesenian Indonesia. Apalagi millennial yang masih berjiwa produktif dan dapat diandalkan, ajaklah mereka.


Cintai Indonesia

Gambar: Auwalur Rizqi Al-Firori

Usaha tentu perlu dilakukan, setidaknya kamu benar-benar kenal atau bisa menguasai salah satu dari kesenian Indonesia, misalnya di bidang seni tari, seni musik, seni rupa atau seni sastra. Atau, coba tirulah aspek-aspek baik dari Youtuber Alffy Rev atau yang bernama asli Auwalur Rizqi Al-Firori.

ARTIKEL TERKAIT
Inilah Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang!

Manfaatkan internet dan juga teknologi jaman sekarang secara otodidak, misalnya menggunakan laptop dan smartphone. Carilah referensi yang bermanfaat dari media sosial seperti Instagram, YouTube atau tulisan menginspirasi orang-orang di blog.


Jangan Terlalu Lama dengan Budaya Bangsa Lain

Gambar: Cgram200

Kita hidup di Indonesia dan tumbuh di Indonesia. Perkembangan teknologi terus menerus mendorong adanya arus informasi deras yang juga memperlihatkan budaya-budaya bangsa lain ke mata kita.

Untuk kagum dan menyukainya boleh, tapi jangan sampai kamu menganggap bahwa budaya Indonesia tak lebih bagus dan unik dari budaya itu. Jangan sampai kecintaan dan kebanggaan kamu terhadap kesenian bangsa lain lebih besar dibandingkan bangsa sendiri.


Promosikan Budaya Kita

Gambar: Alejandro Escamilla

Poin terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi dan internet sebagai sarana mempromosikan kesenian tanah air kita, Indonesia. Cara melestarikan kesenian Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Membedakan Sepatu Vans Ori dan Palsu, Hati-Hati Belanja Lebaran!

Cobalah untuk terus memperlihatkan kepada dunia betapa indah dan uniknya budaya kesenian kita, bagikan foto, video atau tulisan tentangnya ke media sosial. Semoga bermanfaat dan cintai tanah air.


Mewakili seluruh generasi muda Indonesia, kamu mungkin dapat mewakili Indonesia dan perlahan mengharumkan namanya ke mancanegara. Tunjukan bahwa kita, adalah pemuda-pemuda Indonesia sejati.


Referensi: IDNTimes