5 Cara Untuk Mengobati Pecandu Narkoba agar Sembuh Total!

Cara Mengobati Pecandu Narkoba – Penyalahgunaan narkoba tentu sangat berdampak negatif dan akan merugikan para pemakainya. Aktivitas dan kehidupan sosial akan terganggu jika sudah menjadi pecandu dari obat terlarang tersebut.

Selain itu, narkoba bahkan berpotensi besar menyebabkan kematian! Jika kamu atau siapapun orang di sekelilingmu ada yang pecandu dan ingin lepas dari jerat narkoba, beberapa tips berikut dapat menyembuhkan total. Untuk berhenti menggunakan barang haram tersebut, bagaimana caranya?

Kenali Barang Haram Ini dan Bahayanya

Gambar: Doktersehat

Apa itu narkoba? Narkoba adalah kependekan dari narkotika dan obat atau bahan berbahaya. Secara garis besar, narkoba terbagi dalam dua jenis, yaitu satu dalam bentuk tanaman seperti ganja, dan non-tanaman seperti sabu, putau, heroin, serta masih banyak yang lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Ketahuilah, narkoba sangat-sangat berbahaya bagi tubuh bahkan terhadap bagian kepala. Efek pemakaian barang tersebut berkenaan dengan kondisi psikologis. Narkoba akan menimbulkan ketergantungan atau candu bagi para pemakainya.

Ironisnya, Indonesia adalah salah satu pasar besar penyebaran narkoba oleh oknum atau pihak tak bertanggung jawab. Hal tersebut tak lepas dari banyaknya data yang mengungkap bahwa pecandu narkoba negara kita ini sangat banyak.

Data dari BNN menunjukkan bahwa pada tahun 2017, jumlah pengguna narkoba di Indonesia menembus angka 3,5 juta jiwa. Cara mengobati pecandu narkoba orang yang sudah kecanduan narkoba memang sulit.


Pemeriksaan

Mengatasi pecandu narkoba juga tergantung seberapa parah tingkat cadunya. Langkah awal yang wajib dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan oleh dokter dan terapis.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Untuk Rutin Bangun Pagi ala Orang Jepang!

Jika si pecandu mengalami depresi, halusinasi, dan gangguan perilaku lainya, maka terapis akan melakukan konseling terlebih dahulu. Setelah itu, baru dilakukan rehabilitasi untuk menghilangkan candu narkoba.


Detoksifikasi

Langkah berikutnya adalah dengan melewati tahap detoksifikasi, yaitu tahapan cukup sulit yang akan membuat si pecandu akan merasakan siksaan, ditandai dengan sakit badan dan mual.

Karena, pecandu akan dibuat tak bisa menemukan asupan narkoba. Hal ini akan membuat tekanan psikologis kepada pecandu. Dalam tahapan dengan kondisi ini, dokter akan memberikan obat untuk meringankan efek samping.

Lama proses ini juga bergantung dari tingkat kecanduan pemakai, niat dan tekad bulat harus benar-benar dipersiapkan agar dapat sembuh total.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Merawat Kulit Sensitif Dengan Penanganan yang Tepat!

Stabilisasi

Setelah tahap detoksifikasi, tahapan berikutnya yang harus dilalui adalah stabilisasi atau pemulihan jangka panjang terhadap pecandu narkoba. Dalam kondisi ini, dokter akan memberikan resep obat yang harus dikonsumsi oleh pengguna narkoba dalam jangka waktu tertentu.


Olahraga

Cara mengobati pecandu narkoba selanjutnya adalah olahraga. Setelah berhasil melalui pengobatan secara medis, olahraga adalah hal terbaik yang dapat benar-benar membuat pecandu akan lepas permanen dari narkoba.

Karena aktivitas ini sangat bertolak belakang dengan efek dari penggunaan narkoba. Dengan olahraga, pikiran dan fisik akan terasa bugar serta fresh kembali. Lakukan olahraga seperti berlari, atau latihan fisik sekalipun.


ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Membedakan Makanan Berbahaya dan yang Aman, Hati-Hati Beli Takjil!

Akupunktur

Alternatif terakhir adalah dengan melalui terapi Akupunktur. Terapi yang berasal dari Tiongkok ini juga sangat efektif untuk membantu melepaskan seseorang dari jerantan narkoba.

Akupuntur sendiri adalah sebuah terapi yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum-jarum kecil ke sejumlah titik tekan pada badan. Manfaatnya sendiri salah satunya adalah agar meredam rasa tidak nyaman yang dirasakan akibat putus obat.


Cara mengobati pecandu narkoba yang kita bahas tadi juga merupakan saran atau anjuran langsung dari BNN atau Badan Narkotika Nasional. Semoga kita semua tak akan pernah terlibat dengan obat terlarang itu. Oh iya dalam hal ini, peran orang terdekat seperti keluarga sangat diperlukan.

ARTIKEL TERKAIT
Rontok dan Mengeriting? Begini Cara Merawat Rambut yang Tepat

Referensi: Doktersehat