Gaya Hidup

Cara Mengatasi Depresi yang Mudah Dilakukan Diri Sendiri Maupun Kepada Teman

Kata depresi tentu sudah dikenal baik oleh setiap orang. Tapi, apakah kamu tahu apa arti sebenarnya dari kata depresi? Lalu bagaimana sih cara menghadapi depresi yang terjadi pada diri sendiri atau teman? Memang terdengar agak sulit, tapi coba baca dulu pembahasan Kami tentang cara mengatasi depresi yang sering datang di kehidupan sehari-hari.

Apa itu Depresi?

Depresi merupakan sebuah gangguan kesehatan yang menyerang psikologi seseorang. Depresi berbeda dari gangguan mental lainnya, depresi biasanya diawali dengan perasaan sedih yang memiliki dampak negatif, baik itu terhadap pikiran, tindakan, hingga perasaan.

Penderita depresi biasanya sering mengalami kesedihan yang mendalam dan menyendiri untuk waktu yang lama. Bahkan, depresi ini bisa membuat penderita memilih jalan yang salah untuk mengakhiri hidup. Oleh karena itu, kita harus tahu bagaimana cara mengatasi depresi baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitarmu.

5 Cara Mengatasi Depresi yang Mudah Dilakukan

Yang jelas, mengalami depresi dengan waktu yang lama tidaklah baik. Kamu bisa melakukan atau mengajarkan temanmu 5 cara mengatasi depresi ini agar bisa hidup kembali dengan tenang.

1. Mengonsumsi Humor atau Lawakan

Mengonsumsi di sini bukan berarti kamu harus makan humor atau lawak loh! Kamu harus mencoba untuk mengisi hidupmu dengan humor, dan tertawa bisa membantu dirimu untuk mengatasi depresi. Di dunia yang sudah serba Internet ini, sangat mudah mencari humor baik itu dari video-video dan meme lucu.

Saat kamu tertawa, tubuhmu akan memproduksi zat-zat baik secara otomatis. Kami menyarankan kamu untuk menonton acara seperti Talk Show yang tidak terlalu serius, Stand Up Comedy atau film-film komedi. Biasakan untuk mengonsumsi humor yang berkaitan dengan keadaanmu, karena itu akan lebih mudah membuat stress bahkan depresi pergi.

2. Nongkrong dengan Teman

Jika kamu sedang dalam masalah, teman adalah salah satu alternatif yang paling dicari untuk mengatasi depresi. Tentu mencari teman yang mau bersamamu saat dalam masa sulit adalah hal yang sulit. Oleh karena itu, kamu juga harus ada di saat orang lain merasa depresi. Setelah berkumpul bersama teman, kamu bisa mencurahkan segala unek-unek yang ada di dalam hatimu.

Selain itu, teman juga cenderung mengerti cara membuat suasana berubah. Mereka bisa mengajakmu untuk melakukan hal yang lebih positif dan bermanfaat bagi dirimu.

3. Olahraga yang Aktif

Olahraga aktif bisa membuat tubuh menjadi sehat. Tentu saja dalam tubuh yang sehat tersebut ada jiwa yang kuat. Olahraga terbukti membuat tubuh memproduksi zat endorfin lebih banyak. Dan sebagai tambahan, endorfin ini merupakan zat yang sangat berguna untuk mengurangi kadar stress dalam tubuh.

Olahraga yang dianjurkan tidak perlu terlalu berat. Joging sore, senam dan yoga semalam 30 menit setiap hari bisa membuat depresi berkurang dan tubuh lebih sehat.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Asupan makanan yang sehat harus tetap kamu jaga saat menghadapi depresi. Kamu harus memilih makanan yang mengandung nutrisi tinggi untuk tubuh. Tubuh pasti akan sangat lemas saat depresi dan makanan sehat mengandung gluten bisa membuat mood menjadi lebih baik.

Tambahkan beberapa buah-buahan sebagai pencuci mulut. Buah-buahan yang mengandung vitamin B, C, dan D bisa mencukupi kebutuhan gizi.

5. Berdoa kepada Tuhan

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas dan hatimu masih merasa bimbang dan kesedihan masih menyelimuti. Berarti kamu masih kurang dekat dengan sang pencipta. Berdoa atau beribadah juga menjadi salah satu cara mengatasi depresi paling ampuh.


Demikianlah 5 cara mengatasi depresi yang bisa Dafunda Cara berikan. Kamu harus ingat, setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri yang membuat mereka depresi. Dan sudah banyak yang bertahan dan bisa mengatasi depresi tersebut. Makanya kamu harus semangat selalu dalam menjalani hidup!


Referensi: Wikipedia, Hellosehat

Artikel ini terakhir kali diubah pada 7 Agustus 2021 1:12 pm

Bagikan