10 Cara Mengobati Sakit Gigi paling Ampuh, Mengatasi Secara Alami!

Gigi adalah salah satu hal atau setidaknya komponen penting dari tubuh manusia di bagian mulut. Ketika gigi sedang terkena sebuah penyakit yang disebut sakit gigi, maka seseorang akan sulit untuk makan dalam memenuhi kebutuhan tubuhnya. Bagaimana mengobati sakit gigi?

Bagaimana Bisa Terjadinya Sakit Gigi?

Setidaknya, setiap orang yang sudah menginjak usia 20 tahun keatas pasti pernah mengalami yang namanya sakit gigi selama hidupnya. Penyakit tersebut juga menyebabkan stres dan membuat pusing kepala. Sakit gigi juga adalah fase yang menyebabkan berlubangnya gigi.

Bila tak dilakukan tindakan serius, maka itulah yang akan terjadi denganmu. Sakit gigi lebih menyakitkan dari sakit hati loh, berhari-hari dia nyeri. Sakit gigi sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor gigi yang memang sensitif.

Gambar: Google Image

Sensitif yang dimaksud adalah sensitif terhadap makanan-makanan yang dingin, atau malah sebaliknya. Adapun faktor lainnya, misalnya seseorang itu sedang mengalami fase tumbuhnya gigi bungsu, atau karena terlalu sering menggeretakkan gigi.

Cara menyikat gigi yang salah juga adalah faktor berikutnya, atau! kamu jarang sikat gigi ya? Wajar saja kena sakit gigi. Selain itu, terlalu banyak konsumsi makanan manis juga adalah penyebab mengerikan lainnya. Kalau sudah terlanjur mengalami sakit gini, apa sih yang bisa dilakukan?

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Mudah

  1. Garam

    Mengatasi sakit gigi dengan menggunakan garam adalah salah satu cara mengobati yang cukup ampuh. Dengan menggunakan garam sebagai obat kumur setiap selesai sikat gigi, berarti kamu telah menggunakan obat yang berfungsi membasmi bakteri di area gigi.

    Garam sendiri mengandung sodium tinggi yang membuatnya dapat menjadi sebuah antiseptic alami untuk bau dan kesehatan mulut loh.

  2. Lemon

    Setelah garam, lemon juga adalah salah satu jenis asam yang berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang, seimbang ya. Lemon ini juga mengandung antibakteri yang efektif untuk membasmi kedatangan bakteri penyebab berlubangnya gigi.

    Cara menggunakan lemon untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan memeras lemon dan masukan ke dalam gelas bersama air hangat. Lalu gunakan campuran itu untuk berkumur secara rutin minimal 3 kali sehari. Ampuh loh ini, untuk membasmi bakteri mulut.

  3. Jeruk Nipis

    Cara mengatasi sakit gigi berkutnya dapat menggunakan jeruk nipis. Dimana dengan buah ini, kamu dapat melakukan hal serupa dengan lemon. Sama fungsi dan manfaatnya.

  4. Daun Sirih

    Mengatasi sakit gigi lainnya dapat menggunakan daun sirih, bahkan! kamu dapat langsung mengunyah daun sirih agar bakteri dalam mulut dapat langsung menghilang.

  5. Bawang

    Bawang putih atau merah, dapat kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi loh. Caranya hanya dengan menumbuk halus satu siung bawah dengan sdt garam, lalu langsung tempelkan ke gigi yang sedang berada di fase nyeri-nyerinya.

  • Adapun bahan lain yang dapat digunakan dengan cara serupa, yaitu ditempel ke gigi yang sakit adalah asam jawa, cengkeh, merica, getah jarak, dan serai (gunakan untuk kumur-kumur).

Jadi, itulah beberapa upaya dalam cara mengatasi atau mengobati sakit gigi yang sekiranya adalah metode terampuh dan yang paling penting! itu cara alami. Semoga bermanfaat dan cepat sembuh ya kamu.