6 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Bandel paling Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat – Jerawat memang sangat menganggu kita, kepercayaan diri jadi pudar karena jerawat yang selalu menonjol di bagian kulit wajah. Kemunculan jerawat biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik komedo.

Untuk terhindar dari menyebarnya pengaruh jerawat, cobalah lakukan beberapa perawatan seperti rutin menjaga kebersihan kulit pada area yang rawan berjerawat. Pilih sabun wajah atau sabun kulit terbaik yang berbahan dasar alami. Dan jagalah kulit agar tak terkena iritasi.


Baca Juga:


Selain itu, gunakan masker saat melakukan perjalanan jauh melewati jalan raya berdebu. Jika metode-metode tersebut dapat kamu tempuh dengan benar, kecil kemungkinan jerawat akan tumbuh dan menjadi pengganggu.

Bekas Jerawat

Setelah sembuh, seringkali jerawat menimbulkan bekas luka yang juga membuat kita jadi kurang percaya diri. Biasanya disebabkan akibat penderitanya memencet jerawat sembarangan.

Bekas jerawat yang masih tampak jelas di wajah terasa sangat mengganggu. Dan pikir lagi, dari pada memilih berbagai macam produk mahal yang belum tentu cocok bagi kulitmu, ada cara lebih aman dan alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang timbul di kulit.


Masker Bahan Alami

Gambar: IDNTimes

Cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama dapat kamu lakukan hanya menggunakan bahan-bahan alami yang biasa ditemukan di dapur, misalnya kentang.

Irislah tipis-tipis lalu tempelkan ke area bekas jerawat ataupun area flek hitam. Biarkan kurang lebih selama 10 menit kemudian cucilah dengan air bersih. Setidaknya, rutinlah lakukan ini selama 3 kali seminggu.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Untuk Mengobati Pecandu Narkoba agar Sembuh Total!

Selain kentang, masker alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam lainnya adalah mentimun. Cara memanfaatkannya pun sama, hanya saja gunakan masker mentimun selama 30 menit.


Air Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat berikutnya adalah dengan menggunakan lemon, kandungan asam alfa-hidroksi alami atau AHA yang terdapat pada air perasan lemon dapat mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit. Mudah saja untuk menggunakannya:

  • Siapkan lemon yang akan dibelah menjadi dua bagian. Kemudian peras masing-masing bagiannya.
  • Oleskan air persan lemon pada bekas jerawat.
  • Diamkan sampai kering.
  • Bilas wajah dengan air bersih, lalu gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Lakukan perawatan ini setiap dua atau tiga hari sekali.
ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Memperbesar Payudara Wanita Secara Alami yang Mudah Diterapkan!

Lidah Buaya

Gel lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas sekaligus untuk mencegah datangnya jerawat. Potonglah daun lidah buaya menjadi beberapa bagian, kemudian kupas kulitnya.

Gunakan gel lidah buaya dengan dioleskan pada area wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelahnya, kamu bisa langsung basuh dengan air hangat.


Gula

Gambar: Liputan6

Tahukah kamu, ternyata gula juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka jerawat loh. Siapkanlah gula dan minyak zaitun terlebih dahulu, juga 5 tetes jus lemon.

Kemudian campurkan semuanya hingga merata. Nah, silahkan gunakan masker scrub gula dengan cara mengoleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit kemudian basuh dengan air hangat.


Madu

Gambar: Halodoc

Madu, merupakan bahan alami yang mengandung antibiotic untuk mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat. Gunakan madu murni untuk dioleskan ke area wajah bekas jerawat, kemudian biarkan sampai mengering dan silahkan basuh dengan air hangat.

ARTIKEL TERKAIT
10 Cara Sederhana Meringankan Berbagai Penyakit Berbahaya!

Es Batu

Kalau sedang tidak ada kentang, lemon atau apapun di dapur. Cara menghilangkan bekas jerawat paling simpel dan mudah adalah hanya dengan menggunakan es batu. Mudah saja kok, oleskan es batu pada area bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit.


Yang terakhir rasanya paling mudah sih, apalagi jika bekas jerawat yang kamu alami tak terlalu parah. Ingat, jagalah kesehatan kulit dengan benar. Dasarnya, jerawat bukan hanya tumbuh di wajah, tapi juga bisa di leher atau area lainnya.


Referensi: Liputan6 Health