Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Mudah

Obat sakit mata bengkak - Penyebab Mata Bengkak
Photo: dokterdigital.com
Spread the love
Apa Penyebab Mata Bengkak?

Mulai dari penumpukan cairan atau kotorangan hingga Infeksi parah dapat menyebabkan Mata bengkak. Sejatinya kondisi mata bengkak hanya berlangsung sementara dan dapat dengan mudah di atasi. Namun jika Gejala tidak membaik atau malah semakin berat hingga menganggu aktifitas, kamu perlu melakukan penanganan lebih lanjut seperti berkonsultasi ke Dokter.

Umumnya penyebab Mata Bengkak adalah karena penumpukan cairan berlebih pada kelopak mata atau jaringan penghubung disekitar mata, biasanya hal ini disebut dengan Istilah Edema. Namun masih ada banyak Penyebab Mata Bengkak Lain yang harus kalian ketahui. Karena masih ada banyak penyebab mata Bengkak, maka cara penangannya juga harus disesuaikan.

Penyebab Mata Bengkak Pada Umumnya

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, ada banyak penyebab Mata Bengkak. Banyak Penyebab Juga Membuat banyak perbedaan Jenis Obat Sakit Mata Bengkak.

Misalnya saja mata bengkak disebabkan oleh Alergi, Gigitan Serangga, Kista, Konjungtivitis, atau penyumbatan kelenjar minyak pada mata. Cidera atau Trauma juga menjadi penyebab mata bengkak.

Berikut Cara Mengatasi Mata Bengkak Dengan mudah

Time needed: 7 hours.

Bagi kamu yang sedang mencari: “Cara Mengobati Mata Bengkak, Obat Sakit Mata bengkak, Cara menghilangkan Mata Bengkak“. Cara berikut ini dapat membantu kamu untuk mengobati mata bengkak.

  1. Kompres Mata dengan Air Dingin

    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengkompres mata dengan kain halus yang direndam dalam air dingin dan bersih. Anda Juga Dapat menempatkan kantong berisi es pada mata selama 15 Menit Selama satu jam Sekali.

  2. Kompres Air Hangat Untuk Kasus Tertentu

    Untik kasus tertentu seperti kista dan Bintitan, Kompres mata dengan Air hangat dapat membantu melancarkan penyumbatan pada kelenjar Minyak. Kompres dengan Air Hangat dapat dilakukan 4 sampai 5 kali dalam sehari.

  3. Bilas Mata dengan Air Garam

    Bilaslah mata dengan larutan garam, terutama jika mata mengeluarkan cairan. menggunakan metode ini juga ampuh untuk kamu yang matanya kemasukan benda asing.

  4. Lepas Kontak Lens / Lensa Mata kamu

    Jika kamu menggunakan lensa kontak sebagai pengganti kacamata atau menggunakannya hanya untuk gaya, lepaslah terlebih dahulu selama mata kamu bengkak. Karena Kontak Lens atau Lensa kontak tidak baik digunakan selama mata sakit.

  5. Naikkan Kepala diatas Bantal Selama Malam hari

    Sebelum tidur dimalam hari, pastikan kamu menempatkan kepala dibantal atau tempat yang lebih tinggi agar tidak terjadi penimbunan cairan mata atau kotoran yang muncul selama tidur

  6. Bersihkan Mata dengan Sampo Bayi

    Pakai Sampo bayi untuk bersihkan mata anda. Caranya usapkan sampo ditangan kalian, lalu campur dengan air sampai berbusa, setelah itu bersihkan area mata secara perlahan.

  • Cuci sarung bantal dan ganti dengan yang bersih.
  • Hindarkan wajah dan atau mata dari pemicu peradangan seperti make up.
  • Jika mata bengkak disebabkan oleh produk kecantikan, ganti dengan produk lain yang lebih aman.
  • Gunakan obat tetes mata yang tidak mengandung bahan pengawet.
  • Hindari mengucek mata. Kebiasaan ini dapat membuat mata semakin merah, gatal, dan bengkak karena infeksi. Jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara teratur.
  • Jika mata bengkak disebabkan alergi, hindari mengonsumsi atau terpapar pemicu alergi.

Perlu diingat, gejala pada mata bengkak disertai gangguan penglihatan, demam, sulit atau tidak dapat menggerakkan bola mata, mual muntah, sakit kepala berat, riwayat cedera atau terpapar zat kimia, pemakaian lensa kontak, sering kambuh atau muncul karena reaksi alergi yang disertai sesak napas adalah kondisi-kondisi yang perlu segera ditangani.

Yang Perlu Kamu Ketahui Soal Cara mengobati Mata Bengkak

Photo: Suara.com

Perlu kamu ketahui bahwa gejala mata bengkak yang disertai dengan demam, sulit menggerakkan bola mata, sakit kepala, mual dan muntah, dan gangguang penglihatan parah perlu segera di tangani.

Jika mata bengkak karena riwayat cedera, pemakaian lensa kontak, terpapar zat kimia, dan reaksi kambuh karena alergi serta sesak napas juga harus segera ditangani dan memeriksakan diri ke dokter.

REFERENSI
ALODOKTER

.

BAGIKAN JIKA KAMU SUKA