5 Tips Jitu Menghadapi Teman yang Sangat Egois!

Teman ataupun bahkan yang namanya sahabat, adalah salah satu hal yang penting di dunia ini. Tanpa mereka, hidup akan terasa hampa. Dikala kita butuh teman curhat, atau sekedar teman untuk melepas Hobi bersama. Mereka lah yang menjadi tempat untuk menumpahkan hal tersebut.

Mengapa Kita Harus Menjaga Hubungan Teman?

Saat kesepian, mereka juga adalah Alternatif terbaik untuk mengisi kekosongan itu. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah terhadap seorang teman, dikarenakan sebuah keegoisan dari salah satu diantara kalian! berikut adalah pembahasan tentang lima cara untuk menghadapi teman yang menurut kamu, Egois.

Cara Menghadapi Teman yang Egois!

Kalau kamu dapat memahami apa yang akan dibahas berikut, coba Introspeksi diri kamu terlebih dahulu. Apakah kamu adalah seorang teman yang egois atau tidak. Kalau menurut kamu si dia yang egois, coba ikuti kelima tips untuk menghadapi teman egois berikut.

1. Jangan Terkesan Seolah-olah Kamu Suka Mengatur Dia

Gambar: Loop

Seorang teman, bukanlah sosok mahluk yang bisa kamu atur atau bertingkah seperti yang kamu inginkan. Meski telah mengenal ia lama, belum tentu kamu tau akar-akar dan sifat aslinya yang lebih jauh.

Karena salah satu sifat mutlak dari orang egois adalah ia yang tak pernah mau diatur oleh orang lain. Kalau mau mendekati dia ketika sedang Bad Mood, ini salah besar.

Kamu harus pintar mencari waktu! ketika ia sedang ada di fase Happy, nah ini waktu yang tepat untuk masuk dan akrab dengannya. Setelahnya mungkin kalian bisa bertukar cerita bahkan menjadi sahabat baik.

2. Cari Kesamaan Kamu dan Dia

Gambar: Bernas

Ketika kamu sedang berada dalam perdebatan dengan seorang teman dan menganggap dia egois, jangan langsung kamu jauhin. Dia yang menurut kamu selalu mau menang sendiri belum tentu tidak baik.

Dia saja yang belum mengenalmu secara dalam, coba temukan kesamaan dia dengan kamu! pasti ada meskipun itu terpendam. Sekecil apapun itu, kalau sudah saling mengerti! kalian bisa bertukar cerita hidup untuk bisa lebih akrab.

3. Kalem dan Relax Sebelum Ngobrol Dengan Dia

Gambar: The Conversation

Cara jitu menghadapi teman yang egois berikutnya adalah dengan mencoba menahan diri dari apapun yang ia lakukan terhadap kamu. Orang egois, itu dominan selalu mementingkan diri sendiri karena menganggap orang lain termasuk kamu, itu tidak penting.

Sebelum ngobrol dan kamu tau akan jatuh ke dalam perdebatan. Coba siapin diri kamu untuk bisa menahan apapun yang ia katakan, jangan terlalu dimaksukan ke dalam hati apa yang ia ucapkan tentang kamu.

Aluri dengan membalas cara halus, ketika ia merasa kamu adalah orang yang baik! dia juga akan merespon dengan meredupkan amarahnya. Bisa mencoba ini kan?

4. Pancing dengan Humor Receh

Gambar: Flickr

Orang egois itu memang terlihat susah sekali untuk bisa dibikin akrab. Kamu mungkin memikirkan banyak hal yang sekiranya memungkinkan untuk akrab dengannya.

Salah satu cara jitu untuk dia si egois adalah, coba deh lakukan atau bercengkerama dengan menyelipak sedikit demi sedikit Jokes Receh.

Sereceh apapun itu, bisa menjadi hiburan bagi dia yang mungkin jarang mendapatkannya, kalau dia Ngeh! mungkin ia akan merespon dan mencairkan suasana bersama. Keren kan kalau jadi seperti ini? tips banget nih untuk menghadapi teman yang egois.

5. Jangan Terlalu Banyak Janji, Tapi Realisasikan!

Gambar: The Coversation

Kamu sadar kalau si dia adalah tipe yang kalem bila diberi janji dan marah saat diingkari, jangan pernah melakukan satu kesalahan yaitu berjanji tapi tidak menepati! salah satu ciri khas orang egois adalah sekali dikhianati ia tidak akan pernah percaya lagi.

Makanya, sifat orang seperti ini sangat mudah untuk berubah-ubah. Pernah dikhianati sekali, maka efeknya bisa terus-menerus bahkan! ke orang lain yang belum pernah dikenal sebelumnya. Bisa dibilang ini awal mula yang membuat teman jadi egois.

Terkadang, orang egois adalah mereka-mereka yang datang setelah tersakiti oleh sebuah pengalaman di masa lalu. Maka dari itu, obatnya adalah cara menghadapi teman egois bukan dengan cara yang egois pula. Pahami betul bagaimana cara mengatasi teman yang egois.

Dari kelima tips terkait berbagai cara menghadapi teman egois tadi, mana yang sekiranya akan kamu coba? kalau masih bingung karena takut akan perbedaan sifat si egois, ngobrol dan bahas sama-sama dulu di kolom komentar ya, saling berbagi kita.


Referensi: IDNTimes