Cara Mengendalikan Emosi Ketika Tau Kalau Kamu Adalah Seorang Anak Adopsi!

Tuhan selalu memberikan jalan tak terduga kepada setiap manusia, terkadang sebuah kenyataan mengejutkan harus kamu jalani. Misalnya saja secara tiba-tiba orangtua mu bercerita kalau kamu ternyata adalah seorang anak Adopsi.

Kemungkinan besar, perasaan kecewa, marah, sedih akan langsung masuk ke dalam diri kamu. Kamu ingin menerima kenyataan? Ikuti beberapa tips ini untuk meredam gejolak emosi itu, bersyukurlah kawan.

Dampak Positif Meredam Emosi

Kemungkinan besar, kamu akan langsung berpendapat kalau takdir kamu di dunia itu tidak adil. Tapi ketahuilah, siapapun orangtua mu, mereka adalah orang yang memberikan kasih sayang dalam membesar dan mendidikmu. Cobalah untuk lakukan hal-hal berikut sebagai cara mengendalikan emosi ketika tau kamu anak adopsi.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Untuk Berkenalan dengan Cewek Jepang

Cara Mengendalikan Emosi Ketika Tau Kamu Anak Adopsi

1. Luapkan Emosimu

Gambar: Hipwee

Marah ketika mengetahui kalau kamu seorang anak adopsi, adalah sebuah hal wajar. Maka dari itu, luapkan rasa kecewa dan sakit hatimu dengan menangis. Bertanya juga dengan orangtua mu, apakah mereka masih sayang atau tidak denganmu.

Coba pahamilah, orangtua memberi tahu hal itu dengan maksud agar kamu dapat menjadi lebih dewasa. Luapkanlah semuanya, menangislah.

2. Tarik Napas yang Dalam

Gambar: Hellosehat

Setelah meluapkan kesedihan dan rasa kecewa, cobalah untuk tarik napas dalam-dalam, buatlah semuanya menjadi Rileks. Tarik napas dalam sambil pejamkan mata lalu rasakan kalau tidak ada apa-apa di otak kamu, termasuk masalah.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Sederhana Untuk Mengetahui Apakah Seorang Cowok Benar-Benar Mencintaimu atau Tidak!

Hal itu akan membantu memperlambat detak jantung juga menurunkan tekanan darah tinggi ketika sedang marah. Redamlah emosi dengan menarik napas berulang sampai benar-benar merasa rileks.

3. Bersyukurlah!

Gambar: Dream.co.id

Berikutnya, cobalah untuk tenang. Pikirkan hal-hal baik tentang itu, meskipun kamu adalah anak adopsi sekalipun! kamu tetap bisa merasakan kasih sayang dari yang namanya orangtua. Diluar sana, masih banyak anak-anak dan orang sepertimu tak mendapatkan kasih sayang.

Cobalah untuk Lapang Dada, awalnya memang menyakitkan. Ingatlah! kedua orangtua angkat mu saat ini sudah berusaha sekuat tenagan membesarkan dan mendidik kamu.

Bukan amarah yang harusnya kamu berikan kepada mereka, melainkan rasa terima kasih sedalam-dalamnya, terima kenyataan! semuanya adalah takdir. Yakinlah, ini adalah awal dari semua yang baik.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Agar Seseorang Tidak Terlalu Lama Jomblo!

4. Sentuh Hal-Hal Positif

Gambar: Hipwee

Kalau orangtua angkat mu sudah memberi tahu dan tetap menyayangimu, sedangkan kamu hanya bisa marah dan tak bisa menerima kenyataan selama berhari-hari bahkan berlarut-larut! berarti kamu adalah ras lemah.

Mengendalikan emosi ketika tau kamu anak adopsi > Janganlah menjadi manusia yang egois, cobalah untuk menghibur diri dengan melakukan hal-hal positif.

Baca juga: Cara menghadapi anak yang Manja!

Buatlah sebuah jurnal catatan tentang pengalaman hidupmu, berbagi ke sesama, berteman dengan orang-orang yang akrab dengan orang tuanya, maka kamu bisa kembali ke pelukan orangtua angkat mu.


Cara mengendalikan emosi ketika tau kamu anak adopsi – Setidaknya, itulah keempat tips atau cara meredam emosi ketika mengetahui kalau kamu adalah seorang anak adopsi.

ARTIKEL TERKAIT
Bangkitlah, Ini Cara Untuk Mengusir Kesedihan

Bersyukurlah! masih banyak diluar sana, orang-orang yang tak seberuntung dirimu dan terlantarkan. Bahkan sekalipun tak pernah mendapatkan kasih sayang.


Referensi: Hellodokter