Komputer dan Elektronik

5 Cara Melindungi Akun Facebook, 100% Anti Hack!

Cara Melindungi Akun Facebook – Facebook saat ini adalah salah satu jejaring media sosial dengan pengguna aktif yang sudah sangat banyak. Media besutan Mark Zuckerberg ini sudah menghadirkan beragam fitur menarik dan bermanfaat.

Termasuk fitur keamanan yang menjaga privasi data dan keamanan dari akun itu sendiri. Setelah membaca kebijakan dan peraturan resmi dari pihak Facebook, kamu layak untuk melakakukan perlindungan terhadap akunmu.

Berikut Langkah Efektif Untuk Mengamankan Aku Facebook

Gambar: Makeuseof

Kemanan data tentu adalah hal yang sangat penting. Jika informasi pribadi dan penting milikmu digunakan orang lain, bisa saja akan terjadi dampak buruk dan merugikan kamu sebagai pemilik data sah.


Amankan Data dengan Mencadangkan

Bagi kamu yang belum sempat tau, Facebook menyediakan sebuah fitur dimana penggunanya dapat mengunduh dan melakukan Backup data pada akun masing-masing pengguna.


Baca Juga:


Untuk melakukannya cukup mudah, pergi ke bagian pojok kanan atas tekan tombol panah ke bawah untuk memunculkan menu. Kemudian pilih menu setting dan temukan tombol Download a Copy pada General Account Setting.

Tombol tersebut berfungsi untuk mengunduh semua aktivitas Anda di Facebook, termasuk dengan informasi-informasi apa saja yang telah Anda posting, pesan terkirim, hingga iklan apa saja yang telah Anda klik.


Perketat Pengaturan Privasi

Langkah berikutnya masing di opsi setting atau pengaturan. Cobalah pergi ke menu Privacy atau keamanan untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat profil akunmu.

Disana kamu juga bisa mengatur apakah orang lain dapat memberikan permintaan pertemanan, melihat daftar teman, dan melihat foto pribadi di akunmu. Aturlah sesuai keinginan dan tentukan dengan bijak.


Atur Urusan Tag

Masih di area setelan atau setting, kamu bisa memanfaatkan pengaturan untuk memilih opsi yang menentukan apakah orang lain bisa melihat postingan akunmu dan mengubah siapa saja yang dapat menandai kamu di postingannya.


Bilah Aplikasi Pihak Ketiga yang Tertaut

Ingatkah kamu, bocornya 50 juta data Facebook beberapa waktu silam disebabkan oleh adanya ulah dari pihak ketiga yang memanfaatkan fitur aplikasi tertaut di akun Facebook pengguna.

Maka dari itu, sebagai pengguna yang Smart, berhati-hatilah terhadap tawaran aplikasi dengan fitur-fitur unik yang tak jelas asalnya dari mana. Kamu harus benar-benar teliti memeriksa aplikasi apa saja yang mendapat akses pada data pribadi akunmu.

Cara mengamankan akun dari aplikasi berbahaya:

  • Pergi ke halaman setting.
  • Di bagian bawah terdapat tombol Apps atau Aplikasi.
  • Klik dan temukanlah aplikasi pihak ketiga tertaut yang mencurigakan.
  • Klik Remove atau Hapus Kaitan.

Opsi Terakhir

Jika kamu merasa sudah tak ingin menggunakan media sosial Facebook lagi, disarankan untuk memilih menghapus akun secara permanen. Caranya cukup mudah:

  • Pergi ke halaman setting kemudian pilih Download a Copy of Your Facebook data untuk mengambil cadangan data penting dari akunmu.
  • Kemudian klik Delete My Account.

Itulah tadi setidaknya beberapa cara melindungi akun Facebook yang dapat kamu terapkan sebagai upaya untuk terus menjaga privasi dan keamanan data penting. Jika jatuh ke tangan orang jahat, maka selesai sudah.


Referensi: Kompas Teknologi

Artikel ini terakhir kali diubah pada 4 Juli 2019 1:29 am

Bagikan