Kawula Muda

5 Trik Ampuh Menghemat Kuota Internet Meski Asik Nonton Youtube!

Bisa ditebak, kamu adalah salah satu orang yang mungkin sudah jarang menonton televisi dan lebih sering pergi menonton video-video di Platform Youtube. Makanya cari tutorial cara menghemat kuota internet ya kan.

Youtube terus menjadi platform terbaik dan semakin populer di masyarakat. Tempat dengan segudang konten tersebut juga terus-menerus membuat pemirsanya betah untuk menontonnya berlama-lama.

Bahkan kita pun sering dibuat tak sadar menjelajahi Youtube sampai-sampai kuota ternyata sudah habis aja. Tenang, nggak perlu buru-buru beli pulsa lagi, Dafunda Cara punya alternatifnya nih buat hemat kuota.

Cara Hemat Kuota Meski Masih Pengen Asik Youtube-an

Gunakan Fitur Hemat Daya

Gambar: Blog Prelo

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur penghemat daya di smartphone agar kuota internet saat nonton Youtube nggak terlalu terkuras.

Mudah saja, aplikasi penghemat daya akan menghemat data lebih dari 50 persen saat menonton Youtube. Hemat daya baterai, hemat kuota.


Gunakan Browser Pilihan

Gambar: Poskonews

Berikutnya, kamu bisa gunakan Browser yang memiliki fitur video boost seperti Opera Mini, UC Browser, dan Chrome untuk menonton konten Youtube favorit.

Mengapa disarankan? Karena mesin pencari seperti Opera Mini memiliki fitur video boost yang bisa digunakan untuk menonton video meski kuota sedang limit atau layanan internet lambat.

Fitur tersebut dapat mengurangi ukuran data video sekaligus mempercepat waktu loading dan mengurangi buffering. Jadi, kamu yang tentukan.


Pilih Kualitas Seadanya

Gambar: Free Zone

Kalau mau lebih tenang, kamu bisa hemat kuota internet dengan merendahkan kualitas vidoe yang ditonton. Selama tidak menganggu informasi dan isi konten yang ditonton, tidak ada salahnya kamu pilih kualitas yang sedikit lebih rendah. Misalnya di 360 atau 480p.


Manfaatkan Wifi

Gambar: Engadget

Jika kamu sedang berada dalam keadaan sekarat kuota, cobalah cari jaringan Wifi yang dapat dipakai sementara, mungkin punya tetangga atau di rumah temen.

Manfaatkan jaringan tersebut untuk menyimpan video Youtube yang ingin kamu tonton dengan menggunakan fitur simpan dan tonton nanti. Atau kamu bisa langsung mengunduh video dengan kualitas terbaik ke penyimpanan smartphone.


Youtube Go!

Gambar di Google Play

Jawaban paling tepat untuk kamu yang bertanya-tanya gimana sih cara menghemat kuota internet bagi yang sering nonton Youtube adalah dengan menggunakan aplikasi Youtube Go. Aplikasi resmi milik Youtube.

Aplikasi satu ini tuh akan membuat iklan-iklan di video Youtube hilang dan memberikan kamu opsi saat akan mengakses video.

Kamu dapat menyesuaikan penggunaan kuota untuk nonton video di platform yang membesarkan nama Atta Halilintar tersebut sesuai kebutuhan. Bagaimana, bisa hemat tapi tetap lancar nonton kan?


Jika kamu ingin bisa nonton video-video dan konten menarik di Youtube lebih lama, cobalah untuk tak terlalu memaksakan kualitas video yang ditonton. Jika kuota sedikit, pilih saja resolusi yang lebih rendah.


Referensi: Hipwee.com

Artikel ini terakhir kali diubah pada 9 Juli 2019 8:29 pm

Bagikan